Stik Yuyu Ketan Hitam


Udah beberapa hari ini kepikiran dengan tepung ketan yang udah agak lama dibelinya. Jadi uji coba ketan hitamnya dibuat stik yuyu aja. Kemaren-kemaren udah dibuat stik yuyu pake wortel, thyme bawang putih, dan yang biasa. Nah.. kali ini saya nyobain versi ketan hitam. Aslinya stik yuyu ini menggunakan tepung ketan yang biasa (yang putih). Stik yuyu ini sangat terkenal di Pontianak. Sering disajikan kalau hari raya. Di warung-warung juga biasanya ada yang nitip. Tapi ya ga murah juga harganya, seribu sekantong cuma sedikit isinya. Padahal kalo bikin pun ga sulit, murah lagi biayanya. Stik yuyu ini juga dikenal dengan nama ulat sutera. Mungkin karena bentuknya yang mirip ulat sutera kali ya. Bahkan ada pelanggan yang dari bogor pesan cetakan stik yuyu ini bilangnya usus ayam.

Kalau menggunakan tepung ketan hitam, stik yuyu tidak akan mengembang. Maka hasil yang didapat sedikit. Satu resep ini hasilnya cuma ¾ toples Tupperware yang ukuran 1,8 liter. Jika menggunakan tepung ketan putih, hasilnya akan sangat mengembang sehingga hasil akhirnya juga akan banyak. Ketika dicicipi, akan ada rasa tekstur ketan hitam yang berbulir-bulir di dalam mulut, hal ini memang ciri khas ketan hitam.

Yang namanya beras ketan, ternyata hanya ada di Asia lho. Eropa, Amerika Serikat, dan Timur Tengah tidak mengenal beras ketan (baik ketan putih maupun ketan hitam). Kalaupun ada, hanya dijual di toko Asia. Jadi beruntunglah kita yang tinggal di Asia. Selain banyak, harganya juga tidak mahal.

Bahan:
250 gram tepung ketan hitan
4 butir telur
8 gram kaldu bubuk
minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
- Kocok telur dan kaldu bubuk dengan sendok hingga tercampur rata.
- Masukan tepung ketan, aduk hingga rata.
- Panaskan minyak lalu masukan adonan ke dalam cetakan stik yuyu, tekan dan langsung keluarkan di atas minyak panas. Goreng hingga matang kekuningan.
- Lakukan terus hingga adonan habis.

Catatan:
- Kalo dirasa adonan masih agak keras dan ga bisa ditekan bisa ditambahkan satu telur lagi. Adonan harus bisa ditekan dengan tangan.
- Karena sifat tepung ketan gampang keras, maka adonan ga boleh dibiarkan di udara terbuka. tutup dengan serbet yang basah dan bersih.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar