Donat Ubi Ungu


Sebenarnya sudah lama saya pengen nyobain bikin donat ubi ungu. Sangat lama sampai saya ga ingat bahwa donat ubi ungu ini masuk dalam list saya. Sampailah bulan lalu pas ke pasar saya lihat ada ubi ungu terus beli. Rencananya memang mau dibuat kue walau masih ga ada ide mo dibikin kue apa. Ubi ungu dikukus, haluskan, dimasukin kantong, dilabel tanggal bikin, terus masuk deh ke freezer. Nah.. selama di freezer nganggur aja si ubi ungu. Tiap buka freezer cuma dilihat aja ubi ungunya. Sampailah dari tadi malam kepikiran terus untuk bikin donat pake ubi ungu. Akhirnya ubi ungu pun dipindahin ke kulkas bawah. Sengaja jam 5 subuh sudah turun ke dapur demi donat ubi ungu ini. Alhamdulilah akhirnya dibikin juga..

Donatnya cantik ya. Saya suka.. saya suka.. benar-benar suka.. perpaduan antara warna pink dan ungu. Donat ini laris sekali ketika dibikin. Ketika digoreng, kirana makan sampai 3 buah. Ayah kirana juga terus menerus ambil donat yang sudah digoreng. Akhirnya kami sarapan dengan donat ubi ungu ini. Sangat mengenyangkan. Sengaja diambil beberapa buat difoto. Ketika difoto pun donatnya juga ditungguin sama kirana.


Resep diambil dari bukunya Elisa - 30 Variasi Donat Mudah, Murah & Lezat.

Bahan:
200 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung terigu protein sedang
200 gram ubi ungu
25 gram gula pasir
2 sdm susu bubuk
1/2 sdm ragi instant
1/2 sdt bread improver (saya ga pake)
1 butir telur ayam
1/2 sdt garam
100 ml air
25 gram margarin
750 ml minyak goreng

Cara Membuat:
- Kukus ubi ungu, haluskan. (saya haluskan dengan menambahkan sedikit air dan menggunakan chopper)
- Larutkan garam dalam air, aduk rata dan sisihkan.
- Campur ubi kukus dan semua terigu, tambahkan dengan gula, susu bubuk, ragi, dan bread improver. Aduk hingga rata.
- Masukkan telur, tuangi air garam sambil diuleni hingga rata. Masukkan margarin, uleni hingga kalis. Diamkan adonan hingga mengembang selama kurleb 30 menit.
- Buang gasnya, potong menjadi 10 bagian , bulatkan. (saya cetak dengan cutter)
- Diamkan selama kurleb 10 menit, bentuk berlubang tengah. Diamkan kembali selama 15 menit.
- Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat dan dinginkan. (supaya bolongan tengahnya bagus, ketika digoreng, bagian tengah donat diputar-putar dengan sumpit)

Terong Saus Tomat


Ternyata terong disaus tomatin begini enak lo. Selama ini di rumah itu terongnya cuma dibuat balado, balado, dan balado. Mungkin ayah kirana bosan ya terong dibaladoin mulu. Jadi pas terongnya dipakein saus tomat, ayah kirana surprise karena rasanya enak. Jauh lebih enak daripada dibaladoin.

Cerita di atas adalah cerita tentang ayah kirana dan terong. Ayah kirana itu doyan terong, sedangkan saya ga suka terong. Jadi di rumah itu kalau masak terong ya cuma buat ayah kirana. Saya biasanya masak sayur lain lagi.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Masak apa? 36 Resep Lauk Sehar-hari.

Bahan:
5 buah terong ungu, potong 5 cm, belah 2, taburkan 1 sdm garam, biarkan 10 menit, cuci, tiriskan
8 buah bawang merah / 1 buah bawang bombai, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
5 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
- Panaskan 5 sdm minyak goreng di wajan datar, tata potongan terong, tutup kurleb 3 menit. Balik hingga kedua sisinya layu dan matang. Sisihkan. Tata terong pada piring saji.
- Dengan api sedang, tumis bawang merah / bombai dengan 1-2 sdm margarin hingga matang. Beri saus tomat, 50 ml air, merica, garam, dan gula pasir. Aduk cepat, angkat, siram ke atas terong goreng.

Tom Yam


Tom yam adalah salah satu makanan yang sangat terkenal. Kalau di Indonesia kita mengenalnya dengan "asam pedas". Saya sudah beberapa kali bikin tom yam walau ga sering, namun belum pernah diposting dikarenakan malas mau foto. Kalau mau foto masakan yang akan dijadikan menu pada pagi itu rasanya sesuatu karena semuanya serba diburu-buru. Motonya pun gitu-gitu aja dan cuma satu gaya. Harap dimaklumi ya.

Kali ini bikin tom yam karena mau ngenalin kirana dengan rasa tom yam. Kirana itu ga terlalu ngerti makan udang dan daging. Makanya saya coba udangnya dibuat tom yam. Oh ya, umumnya tom yam menggunakan udang yang masih ada kulitnya. Karena saya ga terlalu ngerti makan udang yang ada kulitnya, maka saya kupas kulitnya udang dan menyisakan ujungnya aja.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Koleksi 120 Resep Masakan Ikan. Resep ini aslinya bernama tom yam karapu karena menggunakan ikan karapu. Tapi ikan karapu saya skip dan saya hanya menggunakan udang. Jamur merang pun saya ganti dengan jamur kuping putih.

Bahan:
500 gram daging ikan kerapu, potong 2 x 4 cm (saya ga pake)
300 gram udang ukuran sedang, tinggalkan ekornya, gurat punggungnya (saya pake 700 gram udang)
250 gram jamur merang, belah 2 (saya gunakan jamur kuping putih)
3 cm lengkuas, iris tipis
3 buah serai, iris serong tipis
6 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
2 sdm kecap ikan
3 sdm air jeruk nipis
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Sangrai bersama kulit, kupas, haluskan
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
5 buah cabai merah

Cara Membuat:
- Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak sampai harum dan matang, didihkan bersama 1 liter air.
- Masukkan semua bahan, masak sampai kuah terasa enak. Masukkan berturut-turut jamur, ikan, dan udang. Masak hingga seluruhnya matang.
- Taburi daun ketumbar segar saat dihidangkan. (saya ga pake)

Cake Cokelat Istimewa


Mengapa cake cokelat ini dinamakan istimewa?

Ini adalah cake cokelat yang diberi milo atau ovaltine. Yang saya bikin ini pakai milo. Titik-titik yang tampak di cakenya itu adalah butiran milo. Cantik kan? Warna coklat muda yang tampak pun asli dari milonya.


Resep saya ambil dari bukunya Koko Hidayat - Cake Tulban Mini Kukus. Satu resep bisa dapat 23 buah jika menggunakan cetakan tulip pelangi.

Bahan:
5 butir telur
10 gram cake emulsifier
225 gram gula pasir (saya gunakan 200 gram)
220 gram terigu protein rendah
30 gram susu bubuk
150 ml susu cair evaporated (saya pakai susu cair)
75 ml minyak sayur (saya pakai mentega cair)
50 gram minuman cokelat, misalnya milo dan ovaltine

Cara Membuat:
- Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental.
- Masukkan terigu dan susu bubuk, kocok hingga rata. Masukkan susu cairevaporated dan minyak, aduk hingga rata.
- Masukkan bubuk minuman cokelat, aduk hingga rata. Siapkan cetakan yang sudah diolesi margarin dan ditaburi terigu. Tuang adonan hingga 1/4 penuh dari permukaan cetakan. Kukus selama 20 menit dengan api sedang hingga matang.

Chocolate Cream Caramel (LBT#36)


PR LBT kali ini temanya hot puding. Hmm awalnya sempet kepikiran mau bikin creme brulle. Pas mau bikin, nyariin torch kok malah ga nemu, entah nyelip dimana torchnya. Karena sudah mendesak mau dibikin, akhirnya beralih ke cream caramel. Cream caramel atau puding caramel cukup familiar di Indonesia. Ada yang versi kukus dan versi panggang. Kalau yang versi kukus, saya sudah beberapa kali bikin. Versi panggang belum pernah bikin. Jadi moment pr ini bisa dijadikan uji coba untuk bikin puding karamel panggang.

Ternyata memanggang puding di dalam remakin itu agak beda. Awalnya saya panggang selama 2 jam dengan otang. Setelah 2 jam ditungguin kok tengahnya masih basah ya, padahal atasnya sudah kering. Saya tes tusuk benar-benar masih air. Dengan keadaan putus asa karena mesti ke kampus, saya matikan api kompor, saya tinggalkan si puding di dalam oven dan ke kampuslah saya. Pas di toko saya curhat dengan ibu-ibu host LBT kenapa puding saya ga kering, ternyata sebenarnya dipanggang satu jam pun cukup. Ketika dalam keadaan panas, teksturnya memang basah. Tapi ketika kondisi dingin, puding akan set. Nah.. pas balik ke rumah saya cek pudingnya, alhamdulilah pudingnya mengeras.


Resep saya gunakan dari Yasaboga - Puding. Aslinya plain (berwarna putih), di resep pun namanya cuma cream caramel. Karena saya cuma ada stok susu cair cokelat, jadi saya coba buat versi cokelat. Aslinya pun harusnya karamel dulu baru tuang adonan. Pas mau dihidangkan baru dibalik, jadi posisi karamel akan ada di atas. Karena saya mau "pamer" remakin hadiah dari dapur hangus pas NCC Sajian Ramadhan dan Lebaran, jadi karamelnya saya taruh belakangan. Jadi di remakin cuma dituang adonan telur dan susu.

Bahan:
5 butir telur
125 gram gula pasir (saya gunakan 75 gram saja)
2 sdm maizena
500 cc susu cair (saya gunakan susu cair cokelat)
1/2 sdt vanila bubuk

Caramel:
175 gram gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air

Cara Membuat:
- Caramel: jerangkan gula di atas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api, segera tuang ke dasar cetakan, dinginkan (saya ga tuang ke dasar cetakan dan caramel ini saya bikin ketika puding sudah set)
- Campur semua bahan lain hingga larut, saring ke dalam cetakan yang sudah diisi caramel. Letakkan cetakan dalam tempat yang lebih besar dan berisi air, masak hingga mengeras dalam oven.

Mendoan

 
Sebuah postingan sederhana dan ga terlalu penting. Maaf ya.. Cuma mau posting tentang mendoan. Siapa sih yang ga pernah bikin mendoan. Tapiii... siapa tahu aja ada yang baru mau coba bikin mendoan. Bisa coba.

Harusnya kucai di mendoan itu agak panjang. Tapi karena waktu motong bawang itu saya melamun, jadi kucainya saya potong halus. Saya lupa kalau saya motong kucai. Pas motong ingatnya motong daun seledri, hehehe... Jadi harap dimaklumi.

Kalau saya perhatikan biasanya penjual mendoan itu kadang ada yang mengangin-anginkan mendoannya. Hal ini dimaksudkan supaya tempenya bisa lebih garing. Mirip seperti kita membuat kripik tempe. Mendoan yang saya bikin ini ga pake acara angin-anginkan. Mendoan ini pun sangat garing ketika dalam kondisi hangat. Kalau sudah dingin jadi agak letoy teksturnya. Jadi mendoannya harap langsung dimakan setelah digoreng.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Masakan Indonesia

Bahan:
350 gram tempe, iris tipis melebar
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung sagu
125 ml santan
5 batang kucai, potong 1 cm

Bumbu halus:
3 buah kemiri sangrai
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt kencur cincang (saya ga pake)
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
Campur rata bumbu halus dengan semua tepung dan santan sampai agak cair, masukkan kucai. Celupkan tempe satu persatu ke adonan tepung. Goreng sampai kecoklatan, tiriskan.

Tulip Pelangi


Untuk membuat puding dan cake kukus.
Harga Rp.13.000,-/lusin
Bahan plastik

Cutter Rangkai Buah Mangga


Harga Rp.14.000,-
Ukuran kue menyusul
Bahan stainless

Cutter Rangkai Hello Kitty


Harga Rp.14.000,-
Ukuran kue menyusul
Bahan stainless

Puding Santan

 
Selama ini saya belum pernah ya bikin puding dari santan. Saya lebih menikmai puding yang terbuat dari susu. Biasanya almarhumah ibu yang suka bikin puding santan. Duhh jadi kangen ibu. Tapi saya jarang mau makan kalo dulu ibu bikin puding dari santan. Maaf ya bu kalau dulu kurang menghargai usaha ibu.

Gula merah yang saya pakai ini benar-benar berwarna tua. Warna pudingnya jadi gelap. Oh ya, buat saya, puding ini agak kemanisan. Tapi kalo yang memang suka manis, boleh menggunakan resep gula dan gula merah sesuai resep. Tapi kalau ga suka manis, takaran gula pasir atau gula merah bisa dikurangi sesuai selera.


Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Puding. Resep aslinya menggunakan takaran 1 1/4 bungkus agar-agar. Karena mau praktis, resep ini saya konversikan lagi ke dalam 1 bungkus agar-agar saja. Tapi resep asli tetap saya cantumkan. Hanya mau mempermudah saya saja jika saya mau membuatnya lagi.

Bahan:
250 cc air (saya pakai 200 cc air)
200 gram gula merah (saya pakai 160 gram)
50 gram gula pasir (saya pakai 40 gram)
10 lembar daun jeruk purut
1 1/4 bungkus agar-agar (saya pakai 1 bungkus)
500 cc santan dari 1 butir kelapa (saya pakai 400 cc)
1/4 sdt garam
2 butir telur

Cara Membuat:
- Rebus air, gula merah, gula pasir, dan daun jeruk purut sampai mendidih dan gula larut, saring, sisihkan.
- Rebus agar-agar dengan santan dan garam, aduk sampai mendidih. Masukkan air gula di didihan.
- Kocok telur, tuangi agar-agar panas, kocok sampai tercampur. Setelah agak dingin, tuangkan dalam cetakan puding yang telah dibasahi dengan air matang. Dinginkan.

Tumis Kacang Panjang


Ini pertama kali saya nyobain kacang panjang merah. Takjub aja ketika tahu ada kacang panjang berwarna merah. Ada yang bilang ini kacang panjang ungu, ada juga yang bilang kacang panjang merah. Saya lebih sreg memanggilnya dengan nama kacang panjang merah. Sebenarnya di Indonesia, kacang panjang ini sudah diperkenalkan dari tahun 2013. Kayaknya baru masuk ke pontianak beberapa hari ini deh. Karena penasaran, beli deh. Rasanya hmmm... tetep rasa kacang panjang, hehehe....

Cerita mengenai kacang panjang merah, varietas ini berasal dari selatan China yang dikenali sebagai changjiang dou, cheung kung tau, Chinese Red Noodle Bean atau asparagus bean. Kacang panjang memiliki kandungan nutrien bermacam-macam, karena itu kacang panjang juga difungsikan sebagai pencegahan berbagai penyakit.

Apa saja manfaat kacang panjang merah yang dipercaya oleh masyarakat? (sumber: Pertanian Indonesia)
- Mencegah penuaan dini
Sayuran dan buah berwarna ungu memiliki zat pigmen yang disebut antosianin, sebuah antioksidan yang kuat dan menjadi pelindung untuk mengurangi risiko kanker, meningkatkan daya ingat dan mencegah penuaan dini.
- Melindungi jantung
Buah dan sayuran berwarna ungu juga mengandung komponen flavonoid, yang bernama resveratol. Kandungan ini terbukti menghambat endothelin-1 yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan dapat menyehatkan jantung. Juga memperlancar aliran darah ke otak, mengurangi risiko stroke, mencegah kanker dan sebagai anti peradangan.
- Mencegah kanker payudara
Mengonsumsi makanan berwarna ungu juga mengandung ellagic acid atau asam elagik. Penelitian Dr. Daniel Nixon dari Medical University of South Carolina (1993) menunjukkan bahwa asam elagik dapat melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghentikan proses mitosis (pertumbuhan sel).
Buah berwarna ungu juga sebaiknya banyak dikonsumsi oleh wanita, krn asam elagik dapat mengurangi efek dari estrogen dalam memengaruhi pertumbuhan sel kanker payudara.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Masakan Indonesia. Harusnya kuah santannya berwarna kuning. Tapi pas masak saya lupa masukin kunyitnya. Sadar kalau harus pake kunyit pas ngetik resepnya. Benar-benar lupa saya pas waktu itu.

Bahan:
250 gram kacang panjang, iris serong (saya pakai kacang panjang merah)
5 buah ampela rebus, iris tipis
150 gram udang, kupas
5 buah cabai merah (saya cuma pakai 1)
7 buah bawang merah, iris tipis
1 batang serai, memarkan
1 potong asam gelugur (saya pakai asam jawa)
500 ml santan dari 1 butir kelapa
Garam dan gula menurut selera

Bumbu Halus:
1 sdm lengkuas cincang
2 sdt kunyit cincang (saya ga pake, lupa)
2 sdt jahe cincang
3 siung bawang putih

Cara Membuat:
Dengan 3 sdm minyak, tumis bawang merah dan cabai sampai layu, masukkan bumbu halus dan serai, aduk-aduk hingga harum. Masukkan ampela, udang, dan kacang panjang, aduk sampai layu. Kecilkan api, masukkan santan dan asam gelugur. Sambil diaduk, masak sampai matang dan kuah mengental.

Buku Dapur Indonesia - Yasaboga


Dijual Buku Dapur Indonesia - 300 Resep Masakan Popular Nusantara
Buku ini berisi resep dari semua pulau yang ada di Indonesia
Penulis Yasaboga
Harga Rp. 218.000,-
Berat kurleb 700 gram
Pengiriman langsung dari Yasaboga - Jakarta
Kalau beli buku disini juga bisa dapat tanda tangan Bu Cherry Hadibroto dan ucapan terima kasih dari saya.

Dough Scrapper Stainless


Untuk memotong adonan roti
Harga Rp.33.000,-
Ukuran panjang 30 cm lebar 10.5 cm

Loyang Takoyaki Besi


Untuk membuat takoyaki dan pofertjes
Harga Rp.105.000,-
Ukuran hole 4 cm tebal 1.6 cm. Ukuran loyang 25 x 22 cm.

Loyang Pancake Besi


Untuk membuat pancake
Harga Rp.105.000,-
Ukuran hole 8 cm tebal 1 cm. Ukuran loyang 30 cm.