Sagu Keju


Saya juga udah lama ga buat sagu keju. Terakhir buat pas lebaran kemaren (lama sekali ya). Kebetulan ada tepung sagu tani yang udah lama mendekam di rumah. Dulu udah ada rencana mo buat sagu keju. Tapi ga kesampaian mo buat. Baru sekarang lah si sagu tani tersentuh.

Kali ini dibuat 2 warna. Cara membuatnya mirip cara membuat buttercream yang 2 warna. Kepikiran aja untuk buat seperti ini. Jadinya bagus banget. Senang liatnya...


Resep saya modifikasi dari resepnya ncc. Resep asli ncc kan pake santan, nah.. saya coba dengan tidak menambahkan santan. Hasilnya yang tanpa santan lebih rapuh jika dibandingkan dengan yang dengan santan. Kelebihan tanpa santan, sagu kejunya ga ngelebar. Bentuk ketika dispuit dan setelah dibakar tetap sama



Bahan:
300gr tepung sagu (sagu tani)
2 lbr daun pandan
100 gr margarine
50gr mentega (butter)
100gr gula halus
2 btr kuning telur
100gr keju edam, parut

Cara membuat:
- Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
- Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
- Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian. Beri warna pada salah satu bagian adonan. Aduk rata
- Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), 2 adonan disandingkan kemudian dimasukan ke dalam spuit. Semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
- Oven selama lk. 40menit....(ingat kenali oven masing-masing, wkt dan suhu yg diperlukan, selalu cek)

Catatan:
- Spuit yang paling nyaman yang ujungnya tajem-tajem, saya biasanya pake spuit no 19, tapi ga harus pake wilton, pake yang murahan juga bisa asal bentuknya ya mirip gitu. kalo pake spuit bintang biasanya kejunya bakalan nyangkut di spuitnya.
- Pake double untuk piping bagnya (plastik segitiga) plastik pertama untuk adonan, plastik kedua untuk spuit, nah.. plastik adonan ntar masuk ke plastik spuit.
- Panggangnya ga lama kok, jangan sampai bawah kue udah kuning, itu artinya kue udah overbake. kalo sagu keju, tanda udah mateng bawahnya akan tetap putih kok. Jadi lihat saja kejunya. Kalo kejunya udah kelihatan coklat, itu tandanya sagu keju udah mateng. Mesti sering-sering dicek ovennya ya.

8 komentar:

  1. Cantik dan pasti hasil Sagu Kejunya OK punya. Saya suka grogi liat hasil para Bloggers dalam per baking-an. Wokeh2 semua, bikin hati ciut deh. Nah ttg Sagu Keju ini saya aja baru mau coba buat, waduuuhh ketinggalan nggak yaaa :-)
    Sukses ya Mbak Rika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih sempet kok Mba Lina dibuat untuk lebaran nanti. Semangat ya...

      Hapus
  2. Mba klaw tepung sagu diganti tepung tapioka boleh gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, cuma biasa takaran bahan cairnya yang beda karena kemampuan tepung sagu dan tepung tapioka menyerap cairan beda.

      Hapus
  3. Mau tanya klo tepung sagunya yg biasa bukan sagu tani bisa gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bagus hasilnya kalau sagu biasa mba. Sagu biasa kan warnanya coklat dan banyak butiran-butirannya. Kemampuan menyerap cairannya beda dengan yang sagu tani.

      Hapus
  4. br saya buat udh ikutin resep tp kok hasilnya luber gt ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelamaan mengocok mentega kali ya mba?

      Hapus