Puding Semangka


Saya kenal puding semangka ini sudah lama sekali dan sempat menjadi puding yang sangat booming ketika tahun 1997 di pontianak. Semenjak booming sampe udah ga booming lagi saya ga pernah nyobain bikin puding semangka. Beberapa hari yang lalu ketika beberes toko, saya menemukan masih ada sisa dua loyang puding semangka yang kondisinya sudah agak peyot. Saya jadi kepikiran juga untuk membuatnya. Akhirnya tadi malam saya coba-coba untuk membuatnya pake ilmu kira-kira.

Menurut saya, puding semangkanya masih kurang cantik. Bagian hijaunya terlalu sedikit. Jadi lebih baik jika agar di warna hijau ditambahi 50 ml lg supaya lebih kelihatan kulit semangkanya. Jika tidak memiliki loyang khusus untuk puding semangka, bisa menggunakan loyang apa saja, yang penting berbentuk segitiga. Dan jangan lupa untuk mengkonversi ukuran ml-nya. Sebelum agar-agar dimasak, diuji coba dulu dengan gelas ukur, air, dan loyang. Tuang sedikit-sedikit, perkirakan saja kira-kira untuk bagian pink, putih, dan hijau mesti berapa ml. Setelah diketahui berapa volumenya, agar-agar bisa dimasak.

Sebenarnya puding semangka ini bisa menggunakan resep apa saja. Bisa puding susu, puding busa, puding santan, puding yang menggunakan kuning telur, atau puding-puding lainnya. Tinggal disesuaikan dengan selera saja. Resep di bawah ini jika menggunakan loyang seperti saya, 1 resep (1 bungkus agar-agar) bisa dapat 2 loyang. Untuk penampakan biji semangka bisa menggunakan biji selasih yang sudah direndam dalam air panas, kismis yang dipotong kecil-kecil, atau menggunakan cincau yang sudah dipotong kecil-kecil. Kismis ini bisa dimasukan apabila puding pink sudah setengah membeku. Apabila masih dalam keadaan cair diberi kismis, maka kismis akan jatuh di dasar loyang.


Bahan:
1 bungkus agar-agar
600 ml air
50 gram gula pasir (bisa dikurangkan atau dilebihkan)
susu bubuk / susu kental manis secukupnya
pewarna merah dan hijau
kismis secukupnya

Cara Membuat:
- Campur agar-agar, gula pasir, dan air. Masak di atas api keci sambil terus diaduk hingga mendidih, matikan api.
- Ambil 150 ml agar-agar, tambah pewarna merah dan 1 sdm susu kental manis, aduk rata, tuang ke dalam loyang. Lakukan hal yang sama untuk loyang kedua. Jika sudah setengah membeku tambahkan kismis.
- Apabila agar-agar pink sudah benar-benar membeku, didihkan agar-agar bening lagi. Ambil 50 ml agar-agar, tambah 1 sdm susu kental manis, aduk rata, tuang ke atas puding pink. Lakukan hal yang sama untuk loyang kedua.
- Apabila agar-agar putih sudah benar-benar membeku, didihkan agar-agar bening lagi. Ambil 100 ml agar-agar, tambah pewarna hijau dan 1/2 sdm susu kental manis, aduk rata, tuang ke atas puding putih. Lakukan hal yang sama untuk loyang kedua.
- Dinginkan.

1 komentar: