Manisan Agar-Agar (Juppy)


Ada yang bilang ini adalah manisan agar-agar, ada juga yang bilang agar-agar kering, dan mungkin nama-anama lainnya. Sebenarnya ini hanya sekedar iseng mau coba-coba bikin manisan agar-agar. Ga nyangka juga ternyata berhasil. Lebih baik bikin sendiri kan daripada beli. Setidaknya kita tahu kebersihan ketika proses penjemuran dilakukan.
 
Ketika browsing saya menemukan beberapa resep. Ada beberapa resep yang menggunakan gula yang sangat banyak. Tapi saya ga terlalu suka dengan yang banyak gula karena di dalam bayangan saya, terlalu banyak gula akan menimbulkan lapisan yang keras di luar manisan agar-agar, dan pasti ga bagus buat gigi Kirana. Akhirnya saya coba resep dari Tabloid Nova, alhamdulillah pas dengan yang saya inginkan. Karena tidak terlalu mengandung banyak gula jadinya di bagian luar manisan agar-agar tidak terlalu keras. Kirana pun suka sekali dengan manisan agar-agarnya.


Resep diambil dari Tabloid Nova

Bahan:
2 bungkus agar-agar warna putih
375 gr gula pasir
600 ml air
pewarna sesuai selera

Cara membuat:
1. Campur agar-agar, gula pasir, dan air, masak hingga mendidih, bagi menjadi 2 bagian.
2. Masing-masing beri warna merah dan hijau, tuang agar dalam cetakan, dinginkan hingga keras.
3. Potong agar-agar bentuk dadu, jemur, hingga kering. Lakukan berkali-kali hingga agar-agar benar-benar kering.

7 komentar: