Kembang Goyang


Udah lama sekali saya ga bikin kembang goyang. Gara-gara lihat postingan Mba Fifi memposting kembang goyang beberapa hari yang lalu, saya jadi kepikiran juga untuk bikin. Saya juga belum pernah bikin yang full tepung beras, makanya mesti dicoba. Di pontianak banyak sekali kembang goyang ini dijual, tapi ya versi terigu.

Kali ini bikin versi warna-warni biar beda dengan kembang goyang yang dulu-dulu. Kembang goyang pun jadinya makin cantik. Kalau menggunakan warna-warni seperti ini jangan khawatir dengan warnanya, asal kembang goyangnya diangkat tepat dari penggorengan, maka kembang goyang tidak akan overbake, warnanya akan tetap cantik, dan akan tetap garing.


Saya posting ulang ya dari blognya Mba Fifi.

Bahan:
250 gram tepung beras
1 butir telur, kocok lepas
1/4 sdt garam
50 gram gula pasir
350 cc santan
1 sdm wijen (saya ga pake)
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat :
- Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata dan gula larut.
- Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Celupkan cetakan kedalam minyak goreng hingga panas, kemudian celupkan cetakan ke dalam adonan (jgn sampai cetakan tertutup adonan semua supaya kue mudah dilepas). Masukkan cetakan yang sudah dicelup adonan ke dalam wajan sambil di goyang-goyang hingga lepas. Goreng hingga matang.

Catatan: Jika mau kuenya berwarna-warni adonan tinggal dibagi ke dalam beberapa bagian.

Gambar di bawah ini adalah sisa adonan dari semua warna saya campurin tapi ga diaduk, cuma dituang saja terus dicetak, hasilnya dalam satu kembang goyang, ada tiga warna. Cantik..cantik..cantik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar