Puding Telur Ceplok


Akhirnya saya kena virus. Huhuhuhuhu..... Virus puding telur ceplok. Setelah banyak liat puding telur ceplok wara wiri berseliweran di grup Bakul Kue Rumahan (BKR) tapi waktu itu saya masih belum benar-benar tergoda. Nah.. yang bikin saya bener-bener mantep mo bikin setelah mom Wiwik juga bikin puding telur ceplok. Disitulah saya benar-benar tergoda untuk membuatnya juga.

Pudingnya sangat menarik. Ayah Kirana yang saya ceritain dan lihatkan foto puding telur ceplok, dikirain beneran telur, terus ayah kirana bilang itu telurnya masih mentah, ga mateng. Lalu saya bilang bahwa itu cuma puding. Salut dan saya ucapkan banyak terima kasih untuk mba Retno Setiyaning Ut atas ide yang sangat menakjubkan ini.

Resep saya modifikasi dari resep yang asli. Silakan klik disini jika ingin melihat resep aslinya. Di resep asli, untuk kuning telur menggunakan labu, tapi mom wiwik pake mangga, nah.. karena saya ga ada stok labu dan mangga, jadi saya gunakan minuman sachet rasa mangga. Saya buat kuning telurnya tadi malam. Tadi pagi ketika saya cek entah kenapa untuk kuningnya ga mau kaku, di bagian atas beku tapi ketika dikeluarkan dari cetakannya ga mau lepas. Akhirnya saya lepaskan pinggirannya menggunakan sendok tipis, tapi bagian bawahnya banyak lengket dan ga mau lepas. Walau sudah direndam air sebelum dituang adonan puding tapi tetep saja ga mau lepas. Tadi pagi saya baru buat yang putihnya. Nah.. yang putihnya malah bagus kakunya. Karena ini baru uji coba pertama ga masalah ketika belum maksimal hasilnya. Namanya juga belajar. Sampai tulisan ini saya posting saya masih penasaran dengan hasil si kuning yang ga mau kaku. Masih kepikiran dimana salahnya sampe ga mau kaku.


Untuk Kuning Telur
Bahan:
1/2 bungkus agar-agar
350 ml air
2 bungkus minuman serbuk rasa jeruk atau mangga (saya pakai nesfruta)

Cara Membuat:
- Rebus agar-agar dan air hingga mendidih.
- Setelah mendidih, matikan api kompor, hilangkan uap panasnya, baru masukan minuman serbuk (minuman serbuk dimasukan terakhir kali karena minuman serbuk menganduk siklamat yang berbahaya apabila terkena panas, makanya ga boleh dimasak bersamaan dengan air dan agar)
- Tuang adonan ke dalam cetakan talam ukuran kecil, tunggu hingga beku, keluarkan dari cetakan talam.
- Masukan puding kuning dalam posisi terbalik (bagian bawahnya diletakan ke atas) ke dalam cetakan plastik mika bulat/kotak, saya ga punya mika jadi saya gunakan cetakan tart susu.

Untuk Putih Telur
Bahan:
1/2 bungkus agar-agar
350 ml air
2 sachet susu kental manis putih
50 gram gula pasir

Cara Membuat:
- Rebus agar-agar, air, susu kental manis, dan gula pasir hingga mendidih. Aduk searah supaya susu tidak pecah.
- Setelah mendidih, matikan api kompor, hilangkan uap panasnya.
- Tuang adonan ke dalam plastik mika yang sudah diberi puding berwarna kuning. Menuang adonan harus dari tepi dan jangan terkena puding kuning karena akan membuat puding telur ceplok menjadi tidak cerah.
- Bekukan puding, puding siap untuk disajikan.

9 komentar:

  1. thanks bgt ya,... untuk info n resepnya,... tp rencana saya mo ganti dgn sirup markisah ajah deh kuningnya,... pas bgt,... pas lg bingung mo buat apa,... pas ktmu s'suatu yg unik,... thanks bgt loh,...
    slam knal ya,...

    BalasHapus
  2. pokoknya thanks bgt,... pas bgt,...
    heheheeheee
    pas lg bingung pas ktmu yg unik ,...hikhikhik..

    BalasHapus
  3. Hhhmm mantab ne harus di coba....
    Thanks resep ny bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba Devi, dicobain puding telor ceploknya.

      Hapus
  4. Makasih buat resepnya....pudingnya lucu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Mba Saiva.

      Hapus
  5. mbak, lia mau dijadiin teman blog seperti mbak diahdidi, boleh ngga ?

    BalasHapus