Es Hunkwe

 
 
Ada yang kenal dengan es hunkwe? Saya ga pernah kenal dengan yang namanya es hunkwe. Di pontianak seingat saya ga ada yang jual es hunkwe. Di masa kecil saya pun waktu sd juga ga ada es hunkwe, dulu kenalnya es krim buatan lokal merek pinguin, eh iya, sekarang masih ada lho yang jual es pinguin, ada rasa coklat dan susu. Harganya seribu sepotong.

Jadi waktu malam minggu saya niatin mau bikin es hunkwe. Ayah kirana sudah beberapa lama minta dibikinin es hunkwe yang penuh dengan kenangan masa kecilnya. Kata ayah kirana, dulu dia kenal es ini dengan nama es gabus. Jadi saya curhat di whatsapp dengan buibu team host LBT. Menurut Teh Fifi Fitriyanto dan Teh Elya Peppy Agustin, dulu beliau kenal dengan nama es hunkwe. Kalau Mba Dida Rachmadiah kenalnya dengan nama es roti. Ternyata Teh Rosdaniar Win juga kenal. Kayaknya cuma saya dan mba Diah Raki yang ga kenal. Nah ibu-ibu ini yang malem-malem bantuin saya bikin es hunkwe. Tanya-tanya juga sama mereka tentang cara buat es hunkwe.

Yang bikin es hunkwe buatan saya ini kurang oke adalah antar tiap lapisan banyak yang lepas. Jadi ga bisa menyatu antar tiap lapisan warnanya. Mungkin ketika saya buat, tiap lapisannya sudah terlalu dingin baru dituangi adonan lain, makanya ga mau nyatu. Tapi ga masalah, es hunkwe tetep bisa dinikmati. Kapan-kapan bikin yang motif marmer ah... Oh iya, kayaknya ukuran loyang yang saya gunakan agak besar, hasil jadinya agak rendah. Harusnya menggunakan loyang yang agak kecil supaya hasilnya tinggi dan motifnya akan lebih cantik jika dilihat.

Resep saya ambil dari berbagai sumber

Bahan:
1 bungkus (120 gram) tepung hunkwe
1200 ml santan, dimasak dahulu (bisa diganti dengan susu atau campuran susu dan santan)
150 gram gula pasir
Pasta sesuai selera

Cara Membuat:
- Aduk rata tepung hunkwe, santan, dan gula pasir di dalam gelas ukur.
- Tuang 300 ml adonan ke dalam panci, beri pasta sesuai selera, masak diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental dan meletup letup. Angkat dari api, tuang di loyang sambil diratakan.
- Aduk rata adonan yang ada di gelas ukur, Tuang 300 ml adonan ke dalam panci, beri pasta sesuai selera, masak diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental dan meletup letup Angkat dari api, tuang di atas adonan pertama sambil diratakan.
- Masak bagian lain, tuang diatas adonan kedua, begitu seterusnya sampai habis, dinginkan.
- Keluarkan dari loyang, potong sesuai selera, bungkus dengan plastik, simpan di frezer sampai beku.

Catatan:
- Sebelum menuangkan adonan tepung hunkwe ke dalam panci, adonan yang ada di gelas ukur harus diaduk. Hal ini untuk mencegah tepung hunkwenya mengendap di dasar gelas, dan kita hanya menuang airnya saja.
- Jangan lupa loyang harus dibasahi dulu dengan air. Menggunakan wadah dari tupperware juga boleh. 
 

13 komentar:

  1. izin copas ya sis....

    BalasHapus
  2. Mantap Resepnya Sis
    nyoba bikin dirumah siapa tahu berhasil  

    BalasHapus
  3. Jadiningat mass kecil...he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nostalgia ya mas... Terima kasih sudah mampir ya...

      Hapus
  4. Siapa tau ada yang mencari tepung hunkwe yang berkwalitas, bisa menghubungi kami di :

    www.hunkwe.com
    sales@hunkwe.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  5. udah coba buat ni mbak, tapi memang sulit ya melapisnya, suka lepas.Tapi pas didinginkan nggak lepas lagi. Mungkin bagi pemula seperti saya lebih bagus satu warna aja, hehee. Makasi ya resepnya mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kendala kita sama ya Mba Selma. Saya rasa juga begitu. Dipakein satu warna aja biar aman. ^_^

      Terima kasih sudah mampir ya.

      Hapus
  6. Eh makasiii juga ni udah dimasukin daftar teman, peluk mbak rika :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluk Mba Selma...

      Udah lama mba, saya mengikuti Mba Selma. Udah 2 tahunan kali ya. Sejak Mba Selma gabung di YKMK. Kita kan kenalnya di YKMK. Saya kan ngefans dengan Mba Selma, makanya langsung follow ^_^.

      Hapus
  7. Kalo digigit kres2 kayak gabus gitu ya mbak. Makanya dinamai es gabus

    BalasHapus
  8. Ass,Mb makasih udah berbagi resepnya. Boleh copi photo resep

    BalasHapus