Stik Yuyu Bayam


Bikin stik yuyu lagi, lagi, dan lagi. Maaf ya kalau sering lihat saya posting stik yuyu. Soalnya ini camilan gorengan andalan di rumah saya selain kerupuk. Soalnya bikinnya gampang, murah, dan hasil jadinya juga banyak. Kali ini bikin stik yuyunya pake bayam. Jadinya warna stik yuyunya ijo-ijo royo. Cantik deh lihatnya. Lain waktu masih pengen bikin stik yuyu pake bayam merah, kol ungu, dan juga brokoli.

Terakhir kali saya bikin stik yuyu ketan hitam itu tidak mengembang ketika digoreng. Mungkin karena tekstur tepung ketan hitam memang seperti itu. Yang ini menggunakan tepung ketan putih bisa mengembang ketika digoreng.

Bahan:
250 gram tepung ketan putih
3 butir telur
4 batang bayam, ambil daunnya, cuci bersih
8 gram kaldu bubuk
minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
- Aduk rata tepung ketan putih dan kaldu bubuk, sisihkan.
- Blender telur dan daun bayam hingga halus. Tuang ke dalam tepung ketan. Aduk hingga rata. Panaskan minyak lalu masukan adonan ke dalam cetakan stik yuyu, tekan dan langsung keluarkan di atas minyak panas. Goreng hingga matang.
- Lakukan terus hingga adonan habis.

Catatan:
- Kalo dirasa adonan masih agak keras dan ga bisa ditekan bisa ditambahkan satu telur lagi. Adonan harus bisa ditekan dengan tangan.
- Karena sifat tepung ketan gampang keras, maka adonan ga boleh dibiarkan di udara terbuka. tutup dengan serbet yang basah dan bersih.
 
Gambar di bawah ini yang bulet-bulet itu adonan sisa stik yuyu yang sengaja saya simpen buat difoto. Dalam keadaan mentah, warnanya hijau lumut (kelihatan kan bintik-bintik bayamnya). Ketika digoreng berwarna hijau muda. Ketika matang berwarna hijau kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar