Bolu Kukus Bintik


Masih dengan edisi uji coba bolu kukus, kali ini bolu kukusnya saya buat ala bolu kukus bintik. Bolu kukus bintik itu bolu kukus yang dimasukkan meises di dalamnya, sehingga ketika mekar, bolu kukusnya ada totolan-totolannya. Harusnya yang digunakan itu meises cokelat. Tapi saya pake meises warna. Alhasil cantik juga hasilnya.

Ini bolu kukus bintik kedua yang saya bikin. Bolu kukus pertama yang tahun lalu pernah saya bikin itu menggunakan resepnya Ambarini. Pada waktu itu bolu kukusnya mingkem. Kali ini saya masih uji coba dengan memodifikasi dari resep brownies mekarnya ny.liem. Resep itu memang mantep. Tiap kali bikin selalu mekar hasilnya.

Resep ini saya modifikasi dari brownies mekar ny.liem. Saya bikin 1/2 resep aja bisa dapet 8 buah cup ukuran paling besar. Sebelum mengocok adonan, kukusan sudah mulai dipanaskan, gunakan api sedang, pastikan air di dalam kukusan terisi cukup untuk mengukus, kemudian alasi tutup kukusan dengan serbet besar. Dan isi bolu kukus hingga benar-benar penuh. Ketika dikukus jangan diintip intip. Dan setelah 15 menit langsung buka kukusan, ambil bolu kukusnya, lepaskan dari cetakan bolu kukus, dan dinginkan di rak pendingin supaya bagian bawah bolu kukus tidak basah.


Bahan A :
400 gr gula pasir
4 butir telur
320 cc air (saya pakai susu cair)
1/2 sdt vanilla cream (saya pakai vanilla bubuk)

Bahan B :
400 gr tepung terigu
50 gr susu bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

Bahan C :
20 gr emulsifier

Bahan D :
Meises secukupnya (untuk 1/2 resep saya gunakan sekitar 10 gram)

Cara membuat :
- Kocok bahan A kurang lebih 5 menit dengan kecepatan maximum.
- Kocok Bahan B kurang lebih 1 menit, dengan kecepatan rendah.
- Masukkan bahan C kurang lebih 5 menit dengan kecepatan tinggi.
- Tambahkan bahan D, aduk rata.
- Tuang ke cetakan bolu kukus yang sudah dialasi dengan kertas cup, kukus sampai mekar dan matang kurang lebih 15 menit, tergantung api masing-masing.

2 komentar:

  1. Kira2 dapat brp bolu dalam sekali resep ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di keterangannya di atas bu dapet berapa banyak.

      Hapus