Ayam Masak Merah


Baru kali ini nyobain bikin ayam masak merah. Ayam masak merah itu lebih dikenal di Malaysia daripada Indonesia. Kata Ayah, ayamnya enak sekali dimasak seperti ini. Rempah-rempahnya sangat terasa.

Ayam masak merah ini aslinya lebih merah daripada yang saya buat. Karena saya kurangi takaran cabenya makanya ga terlalu merah.

Resep saya ambil dari Tabloid Cek & Ricek edisi 268

Bahan:
1 ekor ayam (berat kurang lebih 1,2 kg)
150 gram minyak sayur
Santan (saya gunakan 500 ml)
50 gram bawang bombay, iris tipis
30 gram bawang goreng
50 gram tomat segar, iris tipis
20 gram cabai hijau, potong serong
10 gram kunyit bubuk
20 gram garam
70 gram gula
Penyedap secukupnya (saya ga pake)

Bahan A:
50 gram bawang merah, iris
30 gram bawang putih, iris
20 gram halia (jahe)
20 gram lengkuas
3 batang serai, memarkan

Bahan B:
3 cm kayu manis
3 buah bunga lawang (bunga pekak)
4 buah buah pelaga (kapulaga)
150 gram cabai merah besar, haluskan (saya cuma pake 50 gram)
100 gram tomat, haluskan
50 gram saus tomat
200 gram cabai merah keriting (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Ayam dipotong-potong kemudian lumuri dengan kunyit bubuk dan garam, lalu goreng ayam hingga berwarna kecoklatan.
- Haluskan bahan A, kemudian tumis hingga harum, masukkan bahan B, masak hingga matang.
- Tambahkan santan, bawang bombay, tomat, cabai hijau, garam, gula, dan penyedap secukupnya. Masak hingga matang, bumbu meresap dan kuah menyusut. Hidangkan dengan taburan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar