Brownies Mekar Ny Liem


Bikin brownies mekar ini terinspirasi dari Mba Veronica Dhani ketika beliau memposting brownies mekar yang beliau bikin. Baru tahu saya ada brownies mekar. Karena belum pernah coba buat dan tadi pagi ga ada jadwal ngajar, jadi subuh-subuh saya sempetin untuk membuatnya. Awalnya sempat deg-degan khawatir ga mekar (karena beberapa kali bikin bolu kukus pada mingkem aja bolu kukusnya). Pas ngukus sempat pasrah kalaupun ga mekar ya ga papa. Tapi Alhamdulilah ketika tutup dandang dibuka ternyata mekar semua. Sesuatu ya rasanya ketika kuenya mekar, bahagia sekali rasanya. Ada yang merekah 4 kelopak dan ada yang 5 kelopak.

Buat saya, rasanya sih ga mirip brownies. Mungkin karena ga ada penggunaan cokelat masak jadinya teksturnya ringan dan kurang nyoklat. Brownies mekar ini lebih mirip bolu kukus cokelat. Manisnya juga pas.

Resep saya contek dari Mba Veronica Dhani. Saya bikin ½ resep dapat 11 buah cup ukuran paling besar. Jika ingin merekah, pastikan adonan yang dituang ke dalam cup itu penuh, dan pastikan cup yang dimasukan ke dalam dandang masih ada ruang untuk uap bergerak. Jangan lupa tutup dandang dialasi serbet bersih yang besar (saya gunakan kain bedung bayi waktu Kirana bayi dulu, ukurannya lebar dan bisa menyerap uap air, jadi oke banget buat mengalasi tutup dandang). Pastikan waktunya pas dan ketika sudah saatnya dikeluarkan langsung buka tutupnya, matikan api kompor, lepaskan cup dari cetakan, dan pindahkan bolu kukus ke cooling rack. Hal ini untuk mencegah bolu kukus menjadi lembab.

Bahan A :
400 gr gula pasir
4 butir telur
320 cc air (saya pakai susu cair)
1/2 sdt vanilla cream (saya pakai vanilla bubuk)

Bahan B :
400 gr tepung terigu
50 gr cokelat bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

Bahan C :
20 gr emulsifier

Bahan D :
50 gr Chocolate Chips

Cara membuat :
- Kocok bahan A kurang lebih 5 menit dengan kecepatan maximum.
- Kocok Bahan B kurang lebih 1 menit, dengan kecepatan rendah aja.
- Masukkan bahan C kurang lebih 5 menit dengan kecepatan tinggi.
- Tambahkan bahan D aduk rata.
- Tuang ke cetakan bolu kukus yang sudah dialasi dengan kertas cup, kukus sampai mekar dan matang kurang lebih 15 menit, tergantung api masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar