Brownies Kukus Pisang


Kali ini saya bikin brownies kukus pisang. Kebetulan bibi yang biasa lewat di depan toko nawarin pisang. Murah lagi. Jadi pisangnya saya uji coba untuk dibikin brownies. Brownies pisang ini saya jadiin base untuk buket cupcake di acara Latbar BKR Pontianak hari sabtu kemaren. Hasil latbarnya nanti saya posting ya. Fotonya belum diedit.

Pas bikin, hasilnya lumayan banyak. Satu resep bisa dapat 12 cupcake ukuran besar dan sisanya saya masukin ke loyang tulban mini gini. Lumayan lah untuk difoto doang.


Resep saya contek dari Mba Citra - Ummu Fatima. Pas bikin terigunya agak lebih. Harusnya pake 75 gram, tapi saya masukin 85 gram (pas nimbang lagi amnesia kayaknya). Alhamdulilah ga keras browniesnya. Karena pisang yang digunakan banyak, jadi browniesnya kerasa banget pisangnya. Maka gunakan pisang yang harum supaya browniesnya juga keciuman harumnya.

Bahan-bahan :
200 gram pisang yang sudah dikupas, haluskan
3 butir telur
80 gram gula pasir
120 gram cokelat batangan (dcc), potong kecil kecil
100 ml minyak sayur
75 gram tepung terigu
15 gram cokelat bubuk

Cara membuat :
- Panaskan kukusan. Campur tepung terigu dan cokelat bubuk, ayak.
- Panaskan minyak sayur sebentar, masukkan cokelat batangan, aduk rata hingga cokelat leleh. Biarkan hingga dingin.
- Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (tidak perlu sampai kental). Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, lalu tambahkan campuran tepung dan coklat bubuk. Aduk hingga rata (asal rata).
- Masukkan pisang, aduk kembali hingga rata.
- Selanjutnya masukkan masukkan campuran cokelat batangan dan minyak sayur. Aduk kembali hingga rata.
- Tuang di loyang yang sudah dioles margarin / minyak.
- Kukus dengan api kecil selama 30 menit atau hingga matang. Jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain bersih supaya airnya tidak menetes ke permukaan brownies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar