Bolu Kukus Bintik


Udah lama rasanya saya tidak membuat bolu kukus. Jadi mau coba-coba membuat bolu kukus lagi. Kali ini pilihan jatuh ke bolu kukus bintik. Cantik sekali waktu lihat di gambar di bukunya. Di bolu kukus ada totolan hitamnya. Tapi sayang, ketika saya bikin, bolu kukusnya cuma sedikit tersenyum. Tidak merekah dan juga tidak mingkem. Hampir semuanya cuma tersenyum.

Resep saya ambil dari bukunya Ambarini – Cake Ekonomis. Resep di bawah ini untuk satu resep. Saya membuat hanya ½ resep. Hasil jadinya 15 buah bolu kukus besar ukuran A.

Bahan:
2 btr telur
1 sdt emulsifier (TBM/SP)
250 gr gula pasir halus
1/2 sdt vanili bubuk
300 gr tepung terigu berprotein sedang
3 sdm susu bubuk full cream
220 ml air
75 gr meisjes / cokelat beras

Cara Membuat:
- Siapkan cetakan bolu kukus, beri wadah kertas khusus bolu kukus atau kertas roti, sisihkan.
- Panaskan dandang berisi air panas yang cukup.
- Campur tepung terigu dan susu bubuk, aduk, sisihkan.
- Kocok telur, vanili dan gula pasir hingga berbusa, masukkan cake emulsifier, kocok hingga putih dan kental.
- Masukkan air dan tepung terigu secara bertahap, sambil dikocok terus dengan kecepatan sedang. Masukkan secara bergantian hingga habis dan adonan tercampur rata
- Masukkan cokelat beras, aduk dengan sendok karet hingga rata.
- Masukkan adonan ke dalam loyang beralas kertas hingga hampir penuh.
- Kukus dalam dandang panas selama 12-15 menit. Angkat, segera keluarkan dari loyang dan susun di atas serbet bersih dan dinginkan.

Tips:
- Bolu kukus dalam udara terbuka seringkali menjadi mudah kering. Setelah dingin, masukkanke dalam plastik satu per satu atau masukkan dalam tempat yang mempunyai tutup agar bou tetap lembut hingga esok harinya. Serbet bersih berguna untuk menyerap air yang ada pada dasar bolu, agar bolu lebih awet dan tidak basah.
- Bila tidak mempunyai dandang khusus bolu kukus, dapat juga digunakan dandang nasi, tetapi bungkus tutupnya dengan serbet agar air pada tutup dandang tidak menetes.
- Kukus bolu jangan terlalu banyak, tiap satu kali mengukus jangan lebih dari 7 buah, agar mekar kue menjadi sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar