Pisang Rai


Pisang rai adalah makanan tradisional khas Bali yang bisa ditemui di pasar-pasar tradisional. Pisang rai biasanya digunakan sebagai sajian di pura ataupun acara-acara tradisional adat Bali. Tetapi sekarang pisang rai banyak disuguhi sebagai camilan.

Saya baru tahu jika dari Bali ada makanan tradisional bernama pisang rai di liputan acara Ala Chef ketika di Ubud - Bali. Waktu ke bali, karena saya ga tahu tentang pisang rai, jadi saya ga pernah cicipi rasa pisang rai sebenarnya. Jadi ini uji coba pisang rai saya yang pertama. Mudah-mudahan sama dengan pisang rai yang ada di Bali.

Awalnya agak takjub dengan resepnya. Ga lazim aja buat saya, pisang dilumuri tepung beras, rebus, kemudian digulingkan ke kelapa parut. Kalau pisang dan tepung beras digoreng sih udah lazim di keluarga saya. Tetapi karena diberi saus gula merah, makannya menjadi lebih nikmat. Kayaknya pisang rai lebih enak jika disajikan hangat. Kalau sudah dingin, tepung berasnya akan sedikit mengeras.

Resep saya contek dari Sajian Sedap.

Bahan:
125 gram tepung beras
110 ml air
1/2 sendok teh garam
8 buah pisang raja kecil (saya gunakan 6 pisang kepok besar)
1.500 ml air
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam

Bahan Taburan (kukus):
150 gram kelapa parut kasar
1/2 sendok teh garam

Bahan saus (rebus)
100 gram gula merah
75 ml air
1 lembar daun pandan

Cara Membuat:
- Aduk tepung beras, air, dan garam sampai rata. Sisihkan.
- Rebus air, daun pandan, dan garam sampai medidih.
- Celupkan pisang dalam larutan tepung.
- Masukkan dalam rebusan air pandan. Rebus sampai matang.
- Angkat dan tiriskan. Gulingkan dalam kelapa parut kasar.
- Sajikan bersama saus gula merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar