Brokoli Goreng Tepung


Ketika ada pameran kalbar expo beberapa waktu yang lalu, saya ada membeli beberapa kemasan tepung bumbu buatan Rizqiyya Food (CV Mitra Mandiri 91) Jogja dengan nama Qreezpy. Tepung bumbu ini homemade dan non MSG. Ketika mau beli, bapak penjual cerita kalau tepung yang beliau jual bisa digunakan untuk membalut ayam, tempe, tahu, bahkan brokoli. Brokoli??? Ga lazim kan brokoli digoreng. Karena butuh dan penasaran, akhirnya saya belilah beberapa kemasan. Di rumah sering membuat ayam goreng tepung. Makanya beli banyak, karena pasti kepake. Dan karena ini non msg, jadi pasti lebih aman buat kami semua.

Akhirnya saya coba eksekusi. Kebetulan ada beli brokoli, jadi bisa dipake buat uji coba. Brokoli direndam dahulu dengan air garam hangat. Waktu nonton acara 8-11 di Metro TV, ada chef yang pernah membagikan tips mengolah brokoli. Tujuan penggunaan garam agar ulat-ulat yang ada di brokoli keluar. Makanya semenjak tahu info tersebut, saya selalu merendam brokoli dengan air garam hangat. Walau ga pernah juga ngeliat ulatnya ada mengapung, ya mungkin saja ukuran ulatnya terlalu kecil untuk bisa dilihat oleh mata saya. Rendam sekitar 30 menit, angkat, tiriskan, potong kuntum brokoli.

Untuk takaran tepung dan airnya tinggal diikuti saja petunjuk di belakang kemasan. Kemudian masukan brokoli, balutkan dengan tepung hingga semua tertutupi, goreng dalam minyak panas dan api kecil. Goreng hingga kecoklatan.

Brokoli jadi mirip dengan bakwan ukuran mini. Garing di luar, tapi lembut di dalamnya. Paling enak kalau makan dalam keadaan hangat sambil dicocol dengan sambal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar