Panekuk New York


Mengapa panekuk ini dinamakan panekuk new york? Apakah panekuk ini berasal dari New York? Saya kurang paham juga asal usul dari panekuk ini. Yang pasti jika di telusuri lewat google, tidak ditemukan tentang panekuk new york.

Resep saya dapat dari Bookletnya Teflon Makcook. Satu resep ini bisa dapat 6 buah panekuk diameter 16 cm. Di resep asli menggunakan butter yang dikocok sebagai hiasan dan sirup maple. Karena saya orang Indonesia, jadi saya makannya dengan menambahkan susu kental manis dan keju sebagai hiasannya.

Di foto memang dibiarkan tanpa topping karena ketika panekuknya selesai dibuat, Kirana malah tidur siang. Alhasil panekuknya mengganggur dan akan dihangatkan kembali ketika kirana bangun, baru dikasi topping.

Bahan:
1,5 cangkir tepung terigu self-rising
2 sdm gula castor
1 sdt baking powder
60 gram mentega cair
2 butir telur
1 cangkir susu
1/2 cangkir sirup maple (saya tidak pake)
100 gram mentega (tambahan) (saya tidak pake)
Garam

Cara Membuat:
- Ayak terigu, baking powder, gula dan garam. Taruh dalam mangkuk dan buat lubang di tengahnya.
- Campur telur, susu, dan mentega. Tuang ke atas tepung.
- Kocok dengan pengocok kawat sampai lembut.
- Tutup dengan plastik selama 20 menit.
- Dadar 1/4 cangkir adonan pada crepes pan, hingga berwarna keemasan (kedua sisinya).
- Sajikan panekuk hangat atau dingin dengan mentega tambahan yang dikocok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar