Pancake Durian


Dulu di Mega Mall Pontianak ada yang jual pancake durian. Harganya 15 ribu/buah. Karena buat saya terlalu mahal, jadi saya ga beli. Sekarang yang jual pancake nya udah ga ada. Kurang laku kali ya karena terlalu mahal.

Akhirnya setelah sekian lama, saya bikin juga pancake durian. Terlanjur di Pontianak lagi banjir durian. Oh iya, sebenarnya bikin pancake durian ga sesulit yang dulu saya bayangkan lo. Saya sengaja bikin dengan ukuran dadar yang kecil supaya banyak makan isinya bukan makan kulitnya. Kelemahan dari ukuran dadar yang kecil ini adalah karena saya sangat bersemangat memberi isian, jadi ada beberapa pancake yang isinya keluar ketika dilipat.

Resep kulit saya gunakan resepnya Bu Fatmah Bahalwan. Untuk isinya saya takar sendiri.

Bahan Kulit:
250 gram tepung terigu
3 butir telur
500 ml santan
1/2 sdt garam

Bahan Isian
50 gram whipcream bubuk
85 ml air es
1 buah durian ukuran besar, ambil isinya.

Cara Membuat:
Kulit: Taruh dalam wadah tepung terigu, garam, dan telur. Aduk rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis. Buat dadar tipis-tipis. Sisihkan. (saya saring lagi adonan supaya tidak ada adonan yang menggumpal. Saya gunakan teflon ukuran 16 cm hasilnya 33 lembar dadar)
Isi: Kocok whipcream bubuk dan air es hingga mengental dan kembang.
Penyelesaian: Ambil selembar kulit, taruh whipcream secukupnya kemudian tambahkan daging durian di atasnya. Lipat.

Catatan:
- Karena menggunakan whipcream, jadi pancake durian ini tidak bisa terlalu lama terkena udara panas, selalu simpan di dalam kulkas. Makan dalam keadaan dingin.
- Jika kulit dadar mau diberi warna tinggal tambahkan pewarna makanan. Saya bikin dua versi, setengah adonan saya beri pewarna hijau. Sisanya saya biarkan polos.

2 komentar:

  1. kemarin pas ke tbk, ada juga pancake durian punya yuumik sapa gitu, bakulan di Malang mbak, 4 biji 28 ribu. Pengen nyoba tapi pas buru2 hehehe

    Pengen bikin pancake nangka :D

    BalasHapus
  2. kalo 4 biji 28 ribu masih terjangkau mba. standar bakul jualnya 6 ribu / buah. Lha ini 15 ribu. Bisa-bisa setiap gigitan betul-betul dinikmati karena saking mahalnya.

    BalasHapus