Fancy Roll Cake (BMS#8)


Akhirnya saya kerjain juga PR dari BKR. Jujur saya untuk bulan ini saya ga terlalu semangat mengerjakannya. Saya ga berbakat menggambar. Apalagi menggambar kue. Di dalam otak ini sudah banyak sekali ide mau bikin motif yang sederhana. Andelan saya itu motif polkadot, kotak-kotak, dan garis-garis. Soalnya cuma itu yang paling mudah buat saya. Mau buat motif karakter, bisa pingsan saya dibuatnya.

Di resep asli menggunakan adonan motif yang terpisah. Karena saya malas bikin motif, saya bikin motifnya menggunakan adonan dasar juga. Fancy roll cake bisa melakukan teknik melukis di dasar dan di permukaan adonan. Karena saya males, saya bikin motif di bagian atas saja. Saya bikin motif macan tutul abstrak. Aslinya sebelum dikukus, motifnya bagus banget. Entah kenapa ketika dikukus, motifnya jatuh ke dasar loyang. Jadi dasar loyang yang malahan bermotif. Coba deh lihat di foto yang di bawah. Seperti itu tuh motif di dasar loyang.

Saya gunakan resepnya Mama Evan yang ada di file BKR. Untuk resep asli bisa dilihat di link yang saya kasi ya. Resep di bawah ini untuk satu resep, saya buat 1/2 resep bisa dapet 2 loyang ukuran 20X20X4 cm.

Bahan:
6 butir telur utuh
200 gram gula pasir halus
200 gram terigu protein rendah
100 ml minyak makan
1 sdt sp
Vanili secukupnya,
Pasta / pewarna makanan secukupnya.
1 sdm susu kental manis putih

Bahan isi:
Butter cream / selai sesuai selera

Cara membuat:
- Panaskan dandang / klakat. Beri serbet pada tutupnya. kecilkan api kompor, biarkan beruap banyak.
- Dasar loyang dioles tipis dengan minyak, beri kertas roti di dasarnya saja, sisi-sisi loyang tidak perlu diolesi minyak dan diberi kertas roti, sisihkan.
- Kocok telur dan gula hingga larut, masukan sp dan vanila, kocok hingga kental, setelah itu masukan tepung terigu, aduk pelan dengan spatula, lalu tuangi minyak dan susu kental manis, aduk rata.
- Ambil sedikit adonan, beri pasta / pewarna, aduk rata, masukkan ke dalam piping bag, gunting bagian ujungnya.
- Adonan dasar dituang ke loyang 22X22X4 cm. Beri motif di atasnya.
- Kukus selama 20 menit. Setelah matang, biarkan hangat, keluarkan dari loyang, lepaskan kertas roti yang menempel, beri isian, gulung dalam keadaan hangat dengan bantuan kertas roti bersih / serbet, biarkan tergulung kertas roti / serbet hingga bolu gulung dingin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar