Cake In Jar (LBT#28)

 
Kali ini teman LBT adalah cake in jar. Cake in jar bisa diartikan sebagai cake yang dikemas di toples kecil. Inovasi cake in jar sebenarnya sudah dimulai sekitar tahun 2011 dan masih banyak diminati hingga saat ini. Cake ini disajikan dalam toples-toples kecil yang lucu sehingga menjadi sangat menarik. Untuk menikmati cake in jar, kita tidak memerlukan lagi pisau untuk memotong cake dan juga piring kue karena kreasi cake in jar bisa langsung dinikmati dari toples kemasannya.

Terdapat dua cara untuk membuat cake in jar. Pertama, bisa membuat adonan kue dan memanggangnya terlebih dahulu, lalu dipotong sesuai bentuk stoples dan disusun bersama beberapa lapisan krim atau tambahan lainnya. Yang kedua dengan cara menuangkan adonan kue ke dalam toples lalu dipanggang. Cake yang bisa digunakan sebagai cake in jar contohnya adalah rainbow cake, black forest, ombre cake, red velvet cake, tiramisu, carrot cake, cheese cake dan lain sebagainya. Untuk krim atau fillingnya bisa memakai buttercream, whipcream, ganache, cream cheese frosting dan lain sebagainya disesuaikan dengan base cake yang dipakai dan tentunya dengan selera masing-masing.


Kemasan yang digunakan biasanya adalah mason jar, toples kaca dengan tutup botol ulir yang diputar. Jenis jar ini biasanya digunakan untuk mengawetkan atau menyimpan acar atau selai. Kita bisa memanfaatkan yang kita punya di rumah, misalnya botol bekas selai, gelas bening atau bahkan cup mika.

Base cake yang saya gunakan adalah sponge cake ncc. Saya bikin 1/2 resep untuk 2 loyang ukuran 20X20X4. Nah.. 2 loyang ini pas banget untuk 3 buah jar ukuran 260 ml. Yang agak disayangkan, sponge cakenya over bake. Karena saya buatnya tipis, jadi agak kering, makanya di jarnya kelihatan remahan-remahannya. Saya bikin cake in jarnya sangat simple saja yaitu hanya dengan menambahkan roti bola pelangi di dalamnya. Terus tutup dengan sponge cake lagi. Awalnya mau saya tambahkan selai. Tetapi selai membuat roti bolanya menjadi luntur.


Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal. Resep di bawah ini sudah saya konversi menjadi 1/2 resep.

Bahan:
4 butir telur
100 gram gula pasir
110 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdm emulsifier
50 gram margarin, lelehkan

Cara membuat:
- Kocok telur dan gula sampai naik, masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental.
- Tuang tepung terigu sambil di ayak secara bertahap, aduk rata.
- Masukkan mentega cair, aduk rata.
- Tuang kedalam loyang cincin 24-26 cm, panggang hingga matang, kurang lebih 45 menit.Angkat. (2 buah loyang 20X20X4 cm)
- Keluarkan dari loyang dan biarkan dingin.
- Sajikan.

Penyelesaian:
- Sponge cake yang sudah dingin dipotong sesuai ukuran jar (saya gunakan gelasnya tupperware)
- Taruh satu buah sponge cake di dalam jar, beri roti coklat pelangi, tutup lagi dengan satu buah sponge cake, beri coklat pelangi. Lakukan hingga jar penuh.
- Cake in jar siap dimakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar