Godok Pisang


Kali ini saya nyobain godok pisang. Godok pisang ini banyak dikenal di daerah Sumatera. Sekilas mirip dengan jemput-jemput. Jemput-jemput itu kue yang sangat dikenal di pontianak, terbuat dari pisang, terigu, sedikit air, aduk rata, goreng. Kalau godok pisang yang saya buat cuma terbuat dari pisang dan tepung sagu. Di beberapa resep yang saya baca, ada juga yang menggunakan terigu. Karena terigu sudah sering saya gunakan untuk pisang, makanya kali ini mau nyobain yang versi tepung sagu.

Resep saya dapat ketika saya jalan-jalan ke NCCJTIW, nemuin godok pisang ala Mba Wati Bunda Asa. Di resep asli pake pisang satu sisir dan sagu umbio. Saya ga tahu sagu umbio itu apa. Cari di google juga ga ada info tentang sagu umbio. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan tepung sagu. Ternyata sagu membuat pisangnya menjadi lebih garing. Godok pisang terasa enak sekali, apalagi jika dimakan dalam keadaan hangat. Benar-benar maknyus. Resep sudah saya ubah menjadi ukuran yang lebih kecil ya.

Bahan:
4 buah pisang gepok
15 gram tepung sagu
1/2 sdt garam
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:
Dalam wadah lumatkan pisang sampai halus, tambahkan garam dan sagu. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
Gunakan sendok makan untuk mengambil adonan. Goreng adonan hingga kecoklatan. Sajikan hangat.

Catatan: Saya buat godok pisangnya ukuran kecil. Saya gunakan 1/2 sdm utuk takarannya. Tapi kok ga bulet ya. Ada yang berbentuk lonjong, bulet, segitiga, kotak. Tak apalah. Yang penting rasanya oke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar