Almond Bulan Sabit

Postingan pertama saya setelah idul fitri ini. Semenjak idul fitri, saya belum ada satu pun membuat cake atau puding. Almond bulan sabit ini saya buat untuk idul fitri kemaren, baru sempet uplod sekarang setelah masih terlena akan jalan-jalan dan makan-makan ketika saya, kirana, dan ayah kirana mudik selama dua minggu ke jakarta, bekasi, dan karawang. Jadi sampai sekarang pun masih terngiang-ngiang akan euforia mudik. Beberapa hari yang lalu saya ada membuat lopak-lopak oku. Tapi karena sudah pernah diposting, saya ga posting ulang. Saya lagi kena syndrom baking blue, bloging blue, dan facebooking blue. Huhuhu.....

Almond bulan sabit ini aslinya menggunakan gula halus / gula mint / gula donat. Tapi karena saya ga mau rumah terlalu kotor karena ceceran gula dimana-mana ketika kirana memakan kuenya, jadilah almond bulan sabitnya ga saya bedakin, saya biarkan polos saja apa adanya.


Resep saya pake dari buku Terampil Membuat Kue Kering - Yasa Boga

Bahan:
235 gr mentega / margarin
3 kuning telur
325 tepung terigu protein rendah
110 gr gula halus
150 gram almond tumbuk / mete goreng, cincang halus
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt almond ekstrak (saya ga pake)
Gula halus untuk ditaburkan (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Campur terigu, gula halus, almond/mete dan garam dalam sebuah wadah, buat lubang di tengah. Isi dengan mentega, kuning telur, dan almond ekstrak. Aduk perlahan dengan tangan hingga adonan tercampur rata dan dapat dibentuk. Tutup dengan plastik, simpan dalam lemari es selama 30 menit.
- Bentuk adonan sesuai selera. Taruh dalam loyang kue kering yang telah diolesi margarin.
- Panggang dalam oven hingga matang.
- Taburi dengan gula halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar