Lopak-Lopak Oku


Gara-gara berkunjung ke NCC Jajanan Tradisional Indonesia Week, saya jadi kepengen nyobain kue dari seluruh nusantara yang belum pernah saya coba buat sebelumnya dan baru kali itu saya tahu bahwa ada kue yang sebegitu menggiurkan dari daerah lain di Indonesia ini. Udah dari beberapa hari yang lalu saya naksir dengan Lopak-Lopak Oku yang disetor oleh salah satu anggota dari NCC. Lopak-Lopak Oku adalah jajanan sederhana yang berasal dari daerah Oku - Sumatera Selatan. Saya sendiri ga pernah tahu dengan pisang panggang ini karena di pontianak pun memang ga pernah ada (atau saya yang belum tahu).

Coba-coba cari waktu yang pas di pagi hari untuk membuatnya, tadi pagi saya bisa juga bikin si lopak lopak, kebetulan juga di rumah bapak lagi panen pisang. Akhirnya kesampaian juga ngerasain variasi lain dari pisang. Kalau lagi panen pisang biasanya pisang digoreng, dibuat jemput-jemput, dibuat setup, dibuat banana bread, atau cake pisang. Sekarang pisangnya bisa juga dipanggang. Cara membuatnya pun gampang dan tidak makan waktu yang lama, rasanya enak sekali.


Bahan :
- 5 buah pisang ambon masak (sepertinya pisang yang lain juga bisa)
- 100 gram tepung terigu
- 1 sdm gula pasir (tergantung dari derajat kesukaan manis si pembuat)

Cara membuat
- Pisang dihaluskan dengan garpu hingga pisang hancur dan tidak ada yang menggerindil.
- Tambahkan tepung terigu dan gula pasir, aduk hingga rata. Diamkan sebentar sampai gula dari pisang keluar
- Siapkan wajan anti lengket, olesi dengan sedikit margarin (tidak boleh banyak karena margarin akan terserap ke pisang)
- Tuang 1 sdm adonan ke wajan, bentuk bulat dan pipih, masak dengan api kecil, apabila sudah matang, adonan dibalik dan tunggu satu sisinya matang.
- Angkat dan siap dimakan hangat.

Catatan: Ketika mau balikan adonan akan agak sulit dan lengket di wajan. Tapi tidak masalah, gunakan sendok kue yang tipis dan kikis bagian bawah secara perlahan kemudian balik dan adonan bisa dirapikan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar