Lidah Kucing Vanila Coklat Keju


Sejak dari jaman Mba Melly posting lidah kucing coklat vanilanya setahun atau dua tahun yang lalu, saya kepengen bikin juga. Dan selama itulah si lidah kucing menjadi waiting list. Alhamdulilah sekarang sudah berhasil mengeksekusinya walau bikinnya juga bukan buat saya tapi pesanan sepupu saya. Saya bikin versi keju yang dicampur dengan vanila dan coklat. Rencana awalnya mau bikin versi rainbow. Jadi si lidah kucing berbelang-belang coklat putih coklat putih. Ternyata tidak gampang membuat versi belang-belang gitu. Karena saya buatnya udah malam dan ga bisa banyak sabar mau telateni membuatnya, makanya saya putuskan dengan membuatnya jadi sebelahan aja biar selesainya jadi lebih cepat.

Saya menggunakan keju cheddar untuk adonannya dan melelehkan 50 gr dcc untuk memberi warna dan rasa coklat. Untuk vanila saya menggunakan vanila susu. Adonan dasar (lidah kucing keju) saya bagi dua (kira-kira 460 gram per warnanya) lalu saya beri coklat dan vanila susu. Masuk ke piping bag, semprot-semprot. Bakar, jadi deh. Dasar saya yang sotoy mencampur-campurkan rasa. Ternyata ketika dicicipi hasilnya tidak seperti yang saya duga. Rasa kejunya hilang ditelan rasa coklat yang sangat mendominan. Jadinya lebih mirip lidah kucing coklat ketimbang lidah kucing keju.


Resep di bawah ini adalah resep dasar lidah kucing keju dari NCC

Bahan :
250 gr Mentega (saya campur antara butter + margarine)
75 cc Putih telur
140 gr Gula halus
150 gr Keju cheddar parut
225 gr Tepung terigu
60 gr Maizena
50 gr Keju parut untuk taburan (saya ga pake)
½ sdt Emplex (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Kocok mentega dan gula hingga mengembang benar, masukkan emplex, kocok lagi.
- Masukkan putih telur, teruskan mengocok hingga rata
- Masukkan tepung terigu, maizena, kocok perlahan selama 1 menit hingga rata
- Masukkan keju parut, aduk rata
- Poles loyang dengan mentega, tuang adonan, taburi bagian atasnya dengan keju parut
- Panggang dengan panas api 150 derajat celcius selama ± 20 menit

Catatan:
- Adonan yang sudah jadi dibagi menjadi dua bagian, masukan ke dalam piping bag, gunting ujungnya sebesar 1/2 cm kemudian semprotkan memanjang ke loyang lidah kucing. biarkan bentuknya membulat di loyang, lakukan hal yang sama ke adonan yang lain. Antara coklat dan vanila harus saling menempel supaya tidak terlepas ketika dibakar.
- Poles loyang lidah kucing dengan mentega yang agak tebal untuk pertama kali saja, untuk yang berikutnya ga perlu diolesin mentega lagi.
- Kalo sudah mateng lidah kucingnya ga perlu dicungkil dari loyang, digeser pake jari juga bakalan copot. nah.. tinggal disemprotin lagi dengan adonan baru kemudian bakar.
- Kalo ga punya loyang lidah kucing, bisa pake loyang biasa, cuma harus dijarakin supaya ga nyatu ketika dipanggang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar