Kue Satu


Kalau cerita tentang kue satu di pontianak, pasti ga ada yang ngeh'. Di pontianak, kami mengenal kue satu dengan nama putu kacang. Di pontianak cukup familiar dengan si putu kacang karena ketika lebaran-lebaran yang lalu, saya sering menemukan kue ini disajikan ketika hari raya. Kue ini adalah kue kesukaan almh ibu saya, saya sendiri ga suka dengan putu kacang karena jika memakannya pasti haus. Dulu ketika lebaran, putu kacang ini merupakan kue wajib yang mesti ada di rumah kami. Ketika dahulu, saya belum bisa membuat kue seperti sekarang. Jadi dulu kami pesen putu kacang ini ke bule' saya. Ga banyak tamu yang suka dengan putu kacang. Biasanya kalau putu kacang masih banyak sisanya setelah lebaran, ibu saya mengolah putu kacang ini menjadi bingka kacang. Miss you mom *sedih* sudah 4 tahun kita tidak bersama.

Tahun ini suami saya yang rikuest minta dibikinin putu kacang. Saya sebenarnya agak setengah hati mau membuatnya karena bikinnya itu cukup ribet. Ribetnya itu di proses membuat tepung kacang hijaunya. Kalau sudah jadi tepung maka kerjaan selanjutnya jadi lebih mudah. Saya akan cerita mulai dari proses awalnya yaitu memilih kacang hijau. Kacang hijau yang digunakan harus kacang hijau impor, tidak bisa menggunakan kacang hijau lokal karena kacang hijau impor memiliki warna yang bagus sehingga ketika digunakan untuk membuat putu kacang, warna yang dihasilkan juga bagus. Terus nanti kacang hijau disangrai dengan api kecil. Harus dipastikan tidak ada yang hangus. Kalau sampai ada yang hangus, yang hangus harus dipisahkan satu per satu dari yang bagus dan dibuang. Setelah disangrai nanti ditumbuk hingga kulit kacang terlepas dari kacangnya. Kulitnya dibuang dan isi kacang hijaunya diambil kemudian dikisar menggunakan kisaran tepung. Kalau tidak punya kisaran tepung, pakai blender atau food processor juga bisa. Nah.. ketika sudah jadi tepung proses selanjutnya gampang....


Resep saya dapat dari Bule' Mami

Bahan:
250 gram kacang hijau
125 gram gula bubuk
1 helai daun pandan

Cara Membuat:
- Sangrai kacang hijau dan daun pandan dengan api kecil.
- Setelah disangrai, dinginkan, kemudian tumbuk hingga terlepas kulit kacang hijaunya. Buang kulitnya.
- Haluskan kacang hijau dengan menggunakan kisaran tepung / blender / food processor. Hasil tepungnya diayak, yang masih kasar harus dikisar kembali. Lakukan hingga semua kacang hijau menjadi tepung.
- Campur gula halus ke dalam tepung kacang hijau yang sudah dikisar.
- Cetak adonan, kemudian panggang dengan api yang kecil hingga kering (ingat! tanda keringnya bukan bagian bawah yang berwarna kecoklatan, jika bagian bawah kecoklatan, artinya kue sudah hangus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar