Gulai Ayam Tahu


Hai hai lama ga ngeblog ya. Kangen saya dengan blog saya ini. Alkisah lama ga ngeblog gara-gara Kirana sakit. Awalnya pagi diare terus main seperti biasa. Sorenya demam. Besoknya muntah-muntah. Besoknya lagi muntah dan diare. Sampe lemes dan ga bisa bangun Kirana dari toilet. Buru-buru kita bawa ke UGD. Masya allah ternyata dehidrasi berat. Saking dehidrasinya sampai kental darahnya. Akhirnya kami bertiga di UGD selama 14 jam. Harusnya Kirana masuk HCU untuk perawatan. Tapi RSnya ga ada HCU cuma ada ICU, itupun di ruangan ICU ada yang dirawat karena pneumonia, dokter anaknya ga mau Kirana dirawat barengan dengan pasien pneumonia, akhirnya kita tetap dirawat di UGD sampai kirana stabil. Kirana masuk jam 9 pagi dan baru diperbolehkan masuk ke kamar rawat inap jam 11 malam.

Selama di RS saya otomatis makan makanan kantin atau makanan yang ga dimakan sama Kirana. Jadi ya masaknya libur dulu, otomatis moto dan ngeblog pun ikutan libur. Alhamdulilah dua hari yang lalu Kirana sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Kami pun sibuk berberes rumah setelah sekian lama kosong, saya mulai aktif masak lagi. Sebagai pemanasan saya bikin gulai ayam tahu.

Kalau makanan yang ala-ala berkuah dan berbumbu seperti ini Kirana doyan nih. Biasanya kalau bikin gulai ayam itu seringnya saya tambahi kentang, tapi kali ini saya cobain gulai ayam yang ditambah tahu. Karena ada tahunya, jadi gulainya tampak banyak sekali. Banyakan tahu dari ayam maksudnya, hehehe... biar hemat. Kali ini gulai ayam dibuat ga pedes biar bisa dimakan Kirana. Alhamdulilah Kirana suka.

Untuk tahu tentu saja saya menggunakan tahu singkawang. Kalau di jakarta bilangnya tahu cina. Teksturnya lembut berwarna putih. Di Pontianak setahu saya cuma ada tahu putih. Kalau tahu yang dikunyitin sepengalaman saya belanja di pasar tradisional belum pernah ketemu. Apa saya yang kuper (kurang pergi) kali ya jadi ga pernah ketemu tahu kuning. Kalau tahu yang sudah digoreng ada juga yang dijual. Biasanya tahu yang seperti ini dibeli sama mamang bakso untuk bikin tahu bakso. Kalau saya? Dari dulu makannya ya cuma tahu putih singkawang ini.

Oh iya, di beberapa resep masakan biasanya menambahkan daun kunyit? Kira-kira daun kunyit ini manfaatnya apa di dalam masakan? Hmm menurut saya masakan akan beda harumnya jika menggunakan daun kunyit. Ada harum yang khas ketika masakan tersebut dimasak dengan dan tanpa daun kunyit. Haruumnya aja sih yang beda. Kalau ga punya daun kunyit diskip juga boleh.

Oh ya, cerita tentang daun kunyit, di rumah saya itu ada tanaman kunyit dan temu lawak, kedua tanaman ini mirip sekali daun maupun rimpangnya karena mereka dari familia jahe-jahean. Bedainnya gimana? Saya tahu beda karena beda letak nanem pohonnya. Kalau bedain rimpangnya biasanya saya potong rimpangnya kemudian rasa rasakan, kalau tawar berarti kunyit, kalau pahit berarti temulawak. Kalau daunnya, benar-benar mirip, saya pun belum bisa membedakannya. Apakah daunnya pahit? Saya belum pernah icipin daun temulawak. Jadi hati-hati ya, jangan sampai salah antara daun kunyit dan daun temulawak.

Resep saya ambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Bahan:
½ ekor ayam broiler, potong 6 bagian
10 buah tahu putih kecil, goreng (saya pakai 6 buah tahu singkawang, potong 4, goreng)
400 ml santan encer
250 ml santan kental
3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
6 buah cabai merah keriting
4 cm kunyit
½ sdt ketumbar
1 sdt merica biji
2 butir kemiri
1 ½ sdt garam
1 sdm gula putih

Bahan Lain:
3 lembar daun salam
½ lembar daun kunyit
3 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat:
- Tumis bumbu yang dihaluskan bersama bumbu lainnya hingga harum. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna dan kaku. Tambahkan santan encer, aduk hingga mendidih.
- Masukkan tahu goreng dan santan kental, aduk terus hingga kuah mendidih. Masak hingga semua bahan matang dan kuah berkurang setengahnya. Angkat, sajikan.

2 komentar:

  1. Mba Rika apa kabarnya, kemarin dengar cerita dari mba Lynda katanya putri mba Rika opname ... semoga semua baik-baik saja ya... sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kabar baik Mba Lys. Sekarang hand model saya itu sudah sehat. Iya..kemaren masuk RS karena diare dan muntah. Saya ga tahu kalau diare bisa bikin dehidrasi akut. Terima kasih sudah mampir ya...

      Hapus