Samosa

 
Hari ini ngerepotin diri dengan bikin samosa. Kenapa saya bilang repot? Karena buat saya, bikin samosa atau bikin risoles dan juga pastel itu makan waktu. Bikin isian dulu, baru bikin kulit, baru dicetak, baru deh bisa digoreng. Jadi cukup banyak waktu yang tersita untuk membuatnya.

Kalau yang simpel itu seperti bikin cake yang ngocoknya pake standing mikser, tinggal tuang ke loyang, oven, terus duduk-duduk deh. Saya banget itu.

Jadi sesuatu lah ketika hari ini saya bikin samosa. Saya mulai bikin dari tadi subuh untuk isian. Masak pun cuma goreng ayam dan tumis kangkung biar ga ribet. Sambil masak masih bisa sambil bikin kulit dan ngisinya. Karena saya bikin samosa pakai cetakan segitiga (sebenarnya saya sebagai penjual cetakan pun ga tahu ini cetakan samosa atau pastel atau bisa untuk keduanya). Jadi saya coba aja untuk bikin samosa. Rupanya cantik ya hasilnya. Anti ribet lipat-lipat yang saya ga tahu saya bisa apa ga ngelipatnya samosa ini. Pengalaman dulu bikin risoles segitiga malah ketebalan ngelipatnya.

Karena bikinnya makan waktu, jadi bikinnya sekalian banyak. Bisa disimpen di freezer. Kapan mau makan tinggal goreng aja. Kalau nyimpennya ditumpuk, jangan lupa tiap lapisan dialasi kertas minyak, kertas roti, atau plastik biar ga nempel.

Resep saya ambil dari bukunya Pak Sahak dan Teh Nenis - 99 Masakan Harian Ala Resto. Karena pakai cetakan, jadi samosa ini ga bisa diisi banyak. Untuk 1 resep isian, saya butuh 1.5 resep kulit. Saya pakai cetakan yang besar, bisa dapat 38 pcs.

Bahan Isi:
500 ml minyak goreng
1 1/2 sdt biji jintan
1/2 sdt ketumbar, haluskan (saya gunakan ketumbar bubuk)
100 gram bawang bombai, cincang halus
450 gram kentang, kupas, kukus, haluskan
75 gram kacang polong (saya ganti dengan wortel, potong dadu)
1 1/2 sdt cabai bubuk
2 buah cabai hijau, iris tipis (saya ga pake)
2 sdm daun ketumbar, cincang halus (saya ganti daun seledri)
1 sdt garam

Bahan Kulit:
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
3/4 sdt biji jintan, sangrai
2 sdt minyak goreng
150 ml air (air dituang perlahan-lahan, hentikan pemberian air jika adonan kulit sudah kalis)

Cara Membuat:
- Isi: Panaskan 2 sdm minyak, tumis biji jintan dan ketumbar hingga harum. Masukkan bawang bombai, masak hingga layu. Tambahkan kentang, kacang polong, cabai bubuk, cabai hijau, daun ketumbar, dan garam. Masak hingga matang. Angkat dan dinginkan.
- Kulit: Aduk semua bahan hingga kalis. Bagi adonan kulit menjadi 10 bagian, bentuk lonjong dengan panjang 20 cm dan lebar 10 cm. Potong lembaran adonan kulit menjadi 2 bagian hingga membentuk 1/2 lonjong. (karena saya menggunakan cetakan samosa, jadi adonan samosa saya giling dengan pasta maker, potong sesuai kebutuhan, taruh kulit di cetakan, beri isi, kemudian tutup dan tekan cetakan, bersihkan pinggiran kulit yang tidak terpakai)
- Masukkan 2 sdt adonan isi di bagian tengah kulit.
- Lipat kulit hingga membentuk segitiga, rekatkan sisinya dengan air (saya ga pakai air)
- Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan.

3 komentar:

  1. wah terlihat sangat enak sekali!
    kunjungi, http://evelyn-halim.blogspot.co.id/
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Mba Evelyn.

      Hapus
  2. Wuah nikmatnyaa mba btw ,bisa liat cetakan samosanya? Beli dimana ya kalau blh tau itu mba ,jadinya rapi sekali?

    BalasHapus