Kaki Naga


Saya masih ga paham mengapa snack ini disebut kaki naga. Padahal ga mirip dengan kaki naga kan ya? Apalagi kalau saya yang bikin, ya bakal lebih ga mirip lagi. Kaki naganya meletot sana sini.

Sebenarnya kaki naga itu adalah nugget yang dipakein stick. Bisa pake resep nugget apa aja. Pake resep nugget andalan masing-masing pun hayuk aja. Tinggal dibuletin, kasi stick bisa dari sumpit yang dipotong-potong atau stick es krim, terus dibentuk lonjong deh.


Kaki naga ini bisa juga untuk tambahan lauk. Tapi kalau di rumah saya, cuma jadi cemilan aja. Ga tahan lama kalau ada camilan yang seperti ini makanya mau dijadikan lauk pun udah keburu habis karena habis digoreng udah sibuk diicip sama Kirana. Alhamdulilah, sehat terus ya nak.

Oh ya, kayaknya pas goreng kaki naga ini saya kurang konsentrasi deh. Kan bikinnya malam sebelumnya, saya sudah gulingkan ke tepung roti, terus dikulkasin untuk besok paginya. Pas besok paginya mau ngegoreng malah saya celup lagi ke kocokan telur. Sadar kalau salah prosedur ketika semua udah digoreng, kok bentuknya begini ya ga crumble, ternyata saya lupa. Jadi inget iklan dian sastro di bandara.


Resep diambil dari bukunya Tim Sarasvati - Super Snack Anak

Bahan:
150 gram daging paha ayam, cincang halus
200 gram udang kupas, cincang halus
40 gram bawang bombay, cincang halus
60 gram wortel, serut halus
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdm kelapa agak muda, parut (saya ga pake)
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
2 butir telur ayam
250 gram tepung roti
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Peralatan lain:
Sumpit bambu sepanjang 6 cm

Cara Membuat:
- Campurkan daging ayam, udang, bawang bombay, wortel, bawang putih, kelapa, daun bawang, garam, merica, pala, 1 putih telur, dan 2 sdm tepung roti. Aduk hingga rata. (saya haluskan ayam, udangm dan bawang putih di dalam food processor)
- Bentuk adonan oval agak pipih dan tusukkan pada ujung sumpit. Lanjutkan hingga adonan habis.
- Olesi loyang dengan minyak.
- Kocok sisa telur. Celupkan kaki naga ke dalam telur, dan gulingkan pada tepung roti. (saya bikin di hari sebelumnya, terus dikulkasin, saya lupa, jadi sebelum akan digoreng kaki naga yang sudah ditepung roti malah saya celup ke adonan telur lagi)
- Goreng kaki naga dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan.

3 komentar:

  1. Mbk Rika...Kirana umur brp sih? kok tangannya nyempluk lucu kayak tangan anakku sih? hihihihi... btw aku dulu jg bingung sama sebutan kaki naga ini, aku bilang "pentungan" aja dr dulu ^,^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur kirana 4 tahun Mba Citra. Hand model andalan saya walau kadang kooperatif kadang juga bosenan.

      Itu yang kasi nama kaki naga siapa ya... kreatif banget namanya kaki naga bukan kaki-kaki yang lain.

      Hapus
  2. saya lebih suka bikin kaki naga mbak rika. lebih cepet ngerjainnya dari pada nugget . hihi ..Dul pernah bikin juga nih , lumayan lah mirip2 dikit sama beli

    BalasHapus