Serundeng Manis


Karena bawaan lagi rajin, hayuk coba-coba bikin serundeng. Saya bukan penggemar serundeng, tapi pengen coba belajar bikin aja. Memang lebih praktis beli daripada bikin, tapi soal rasa, jauh lebih enak bikin ketimbang beli yang siap pakai. Yang bikin cape itu sangrai kelapa parutnya, pegel. Untung menyangrainya sambil duduk, sambil browsing, sambil liat-liat ig, dan sambil nyeruput es teh juga.

Bikin serundeng ini kemaren. Proses motrek serundeng ini bikin saya sama pegelnya ketika serundeng dibikin. Moto dengan gaya yang sederhana seperti ini saja bikin saya capek. Entah karena memang sebelumnya udah capek masak, jadi mood ketika moto pun lenyap. Pas moto entah kenapa, bulir-bulir serundeng susah untuk ditangkap. Moto pun udah kesorean. Lengkap lah sudah kisah serundeng ala saya. Biasanya kalo pas rajin, besoknya saya remidi motrek, tapi karena tadi pagi udah sibuk wara wiri kemana-mana, ya sudah lah, pakai foto seadanya saja, males mo remidi lagi.

Emak-emak yang doyan moto itu memang ajaib ya. Padahal masak aja udah cape, beberes setelah masak pun juga cape. Pilih properti buat moto, angkut ke lokasi pemotretan, foto deh, terus beres-beres lokasi pemotretan pula, properti yang dipake buat moto dicuci, tambah cape kan? Jadi inget seorang sahabat saya Bu Devi Yasmin bilang, kalau orang jaman dulu kalau mau makan baca bismillah, kalau orang jaman sekarang itu kalau mau makan dipoto dulu, uplod, baru dimakan, baca bismillahnya lupa.

Balik lagi ke cerita serundeng, karena di Pontianak kalau beli kelapa itu pake kiloan, kita ga familiar dengan beli kelapa per butir. Jadi saya tanyain abang penjualnya sebutir kelapa itu berapa gram, baru deh dibeli. Jadi kata abangnya, berat rata-rata kelapa bersih itu 350-400 gram per butir tanpa tempurung dan air. Kalau di Jawa, penjual kelapa jual kelapanya perbutir. Mau beli berapa butir baru diparutin pake alat. Kita di Pontianak udah diparutin, datang tinggal beli, timbang, pulang deh. Saking pemalasnya saya, santan dibeli ga pake perah sendiri lagi, beli yang sudah diperah saja. Di rumah jadi ga perlu repot perah santan. Saya juga ga pernah parut kelapa sendiri. Jadi inget waktu mesti parut singkong, rasanya lamaaa dan berattt sekali. Untung ga sering bikin penganan berbahan dasar singkong parut.

Resep diambil dari buku Ibu Sisca Soewitomo - 1000 Resep Masakan & Kue Sisca Soewitomo Yang Paling Dicari

Bahan:
1/2 butir kelapa setengah tua (saya beli kelapa parut di pasar 200 gram)
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 sdm minyak goreng
2 sdm air asam jawa

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdm ketumbar, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai
3 sdm gula merah
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Kupas kelapa setengah tua, cuci bersih, tiriskan dan parut memanjang. (saya beli yang sudah diparut di pasar)
- Sangrai kelapa parut hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat.
- Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, jahe, dan lengkuas, aduk rata. Masukkan air asam jawa, tambahkan kelapa sangrai, aduk rata bersama bumbu, masak sebentar, angkat.
- Sajikan sebagai pelengkap nasi rames.

2 komentar: