Espresso Brownie


Coba-coba resep brownies yang lain lagi ya.. Kali ini saya cobain espresso brownie. Brownies yang di dalamnya menggunakan kopi espresso. Apa itu kopi espresso? Kopi espresso itu kopi hitam tanpa tambahan gula dan creamer atau nama bekennya kopi tubruk. Bisa menggunakan beberapa merek yang ada, mau pakai merek apa saja bisa, dan mau pakai kopi jenis apa hayuk aja, yang penting kopi hitam ya. Bukan kopi capucino atau latte. Saya tadi pakai kopi dari JJ Royal karena di rumah adanya itu saja yang jenis kopi hitam.

Ketika masih berupa adonan, brownies harum kopi. Tetapi setelah selesai dipanggang, aroma kopinya ga lagi kuat, kalah bersaing dengan aroma cokelat. Jadi bagi bukan pecinta kopi seperti saya, masih bisa terima brownies kopi ini. Tapi saya rasa, tergantung jenis kopinya lagi kali ya. Mungkin ada beberapa merek kopi lain yang aroma kopi akan tetap tercium ketika selesai dipanggang.

Oh iya, pas bikin brownie ini saya pakai 3 telur suhu ruang dan 1 telur dari kulkas. Yang dari kulkas telurnya masih sejuk. Saya coba aja bikin. Alhamdulilah ternyata masih mau kental, tanpa emulsifier, bagus puka kentalnya. Jadi untuk pemula pun sebenarnya resep ini anti gagal.


Resep diambil dari bukunya Primarasa – Bekal Tamasya

Bahan:
Margarin, untuk olesan
50 gram tepung terigu
50 gram cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
100 gram mentega tawar
125 gram cokelat masak pekat / dark cooking chocolate, cincang
50 ml krim kental / thick cream (saya pakai susu bubuk + air hangat dibuat lebih kental)
2 sdm kopi espresso bubuk, larutkan dengan 2 sdm air panas (saya larutkan ke dalam susu yang 50 ml)
4 butir telur
175 gram gula kastor (saya pakai 125 gram gulaku warna putih, rasa manisnya pas menurut saya)
75 gram kacang mere sangrai, cincang (saya pakai almond slice)

Cara Membuat:
- Panaskan oven pada suhu 180 C. Olesi loyang persegi ukuran 20 x 20 x 5 cm dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles kembali dengan margarin. (saya gunakan loyang 20 x 20 x 4 cm)
- Ayak tepung bersama cokelat bubuk, baking powder, dan garam, sisihkan. Lelehkan mentega dan cokelat masak dengan cara ditim, angkat. Masukkan krim kental dan larutan kopi, aduk.
- Kocok telur dan gula kastor dengan mikser hingga berbusa. Masukkan adonan cokelat, kocok rata. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan spatula.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, taburi atasnya dengan kacang mete cincang.
- Masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama 30 menit hingga kue matang, angkat. Biarkan hingga dingin, keluarkan kue dari loyang, potong-potong ukuran 4x4 cm atau sesuai selera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar