Tumis Ayam Daun Melinjo


Pertama kali cobain daun melinjo ditumis dengan ayam. Ternyata enak juga. Di rumah saya itu ada lima pohon melinjo. Dulu Alm. Bapak yang tanam. Suka binggung kalau daun mudanya banyak. Biasanya saya ya paling disayur asem. Tapi masa iya tiap hari makan sayur asam terus kan ya. Waktu itu bisa juga daun melinjonya dimasukin ke dalam pindang sapi kudus. Nah trus diapain lagi ya soalnya makin dipetik maka makin bakalan banyak daun mudanya. Pas baca-baca buku resep ketemu dengan resep tumis ayam daun melinjo ini.

Tumisan ayam yang saya bikin ini tanpa angciu dan lokio. Saya belum pernah kenal dengan angciu, belum pernah lihat pula seperti apa bentuk dan baunya, karena angciu haram ya makin ga kenal dengan angciu. Kalau lokio, di Pontianak ini kadang ada kadang ga. Pas kapan hari ke Pasar Sungai Jawi malah ketemu dengan lokio ini, lha tadi ke Pasar Flamboyan yang lebih besar, malah ga nemu sama yang jual lokio. Ya sudah lah, masa tanpa lokio malah ga jadi masak kan ya.

Ayo mari kita masak. Karena masak lebih gampang menyesuaikan selera orang rumah, jadi tinggal disesuaikan saja ya, Mau daun melinjonya masih krenyes-krenyes atau yang layu. Kalau masih krenyes-krenyes, daun melinjonya akan berasa sedikit getir / kelat. Kalau dimasak sampai layu malah ga ada rasa getirnya. Saya sendiri lebih suka daun melinjo yang layu. Biar ga repot kunyahnya.

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia – Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Bahan:
1 ekor ayam, ambil dagingnya, potong-potong (saya gunakan fillet ayam seberat 500 gram, potong-potong seukuran 2x2 cm)
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap inggris
Minyak untuk menggoreng
4 siung bawang putih, cincang
½ butir bawang bombay, iris-iris
2 sdm angciu (saya ga pake)
1 sdm saus tiram
8 buah lokio, belah 2 bagian (saya ga pake)
2 butir jeruk limau, ambil airnya (kalau di Pontianak bilangnya jeruk sambal)
½ sdt merica bubuk
50 gram daun melinjo muda
1 buah tomat merah, potong dadu

Cara Membuat:
- Lumuri daging ayam dengan kecap asin, garam, kecap inggris. Diamkan selama 15 menit. Goreng ayam sampai kecoklatan, angkat dan sisihkan. (nanti minyak gorengnya akan kotor karena pengaruh kecap asin dan kecap inggris, jadi untuk menggoreng sesi kedua, kotoran yang mengambang di atas minyak diambil dengan saringan kawat dan minyak bisa digunakan kembali untuk menggoreng)
- Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan angciu dan saus tiram. Masukkan daging ayam, lokio, air jeruk limau, dan merica. Masak sampai ayam berair, beri daun melinjo dan tomat. Aduk, angkat. (karena saya suka daun melinjonya layu, jadi saya tambahkan sedikit air dan masak hingga airnya kering dan daun melinjo layu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar