Baked Pasta (Cookbook Challenge Januari 2016)


Asyik.. ikutan challenge di Indonesia Foodblogger lagi. Kali ini temanya makanan yang leftover. Apa itu leftover? Leftover adalah sisa makanan yang terkadang masih dalam jumlah yang cukup banyak. Masakan lama yang udah ga mau dimakan lagi lalu disulap jadi masakan baru. Sayang kan kalau makanan kebuang hanya karena orang rumah udah ga mau makan lagi. Mubazir, dan Islam sangat melarang untuk membuat makanan yang masih layak dimakan. Jadi mari kita berdayakan lagi.

Jadi ceritanya seminggu yang lalu rumah saya kedatangan teman. Lumayan ramai. Sebagai tuan rumah, saya tanya mereka minta dibuatkan apa. Mereka rikuest yang mudah aja, sup macaroni. Entah kenapa ketika saya cari di supermarket, macaroni kemasan 500 gram kosong. Adanya kemasan 100 gram. Mahal kan ya kalau 100 gram. Jadi saya ganti dengan pasta berbentuk spiral yaitu fusilli. Ketika waktu penyajian, fusilli sengaja saya pisah supaya ga kembang ketika terus menerus terendam di kuah yang hangat. Ketika kumpul-kumpul sudah selesai, sup hampir habis, tetapi fusilli yang saya sajikan masih banyak. Ada dua mangkuk bakso. Males mikir mau diapain fusillinya, saya taruh di wadah tertutup, saya simpan di freezer supaya ga rusak. Dan fusilli pun terlupakan.

Satu minggu berlalu, pas belanja mingguan, saya beres-beres freezer, masukkan bahan makanan baru untuk seminggu ke depan. Dannn saya baru sadar ada fusilli disitu. Fusilli seminggu yang lalu. Hmm mau diapakan enaknya ya. Kalau dimasak aglio olio atau pakai saus bolognese, biasanya anyep rasa pastanya karena sudah difreezer. Jadi gimana cara akalinnya? Dipanggang aja seperti yang saya lakukan. Rasa anyep dari pasta akan tersamarkan.

Jadi, pasta yang difreezer itu dibiarkan hingga suhu ruang, siram dengan air hangat. Biarkan hingga beberapa saat dan siap untuk diolah.


Resep modifikasi sendiri

Bahan:
250 gram pasta yang sudah direbus (bisa pasta apa saja)
4 sdm margarin
2 siung bawang putih, cincang
1 buah bawang bombai, cincang
1 kaleng (kurleb 350 gram) daging kornet
500 ml susu cair150 gram keju cheddar, potong dadu
6 butir telur ukuran sedang
1 sdt merica bubuk
50 gram keju cheddar parut, untuk taburan

Cara Membuat:
- Panaskan oven pada suhu 180 C. Siapkan mangkuk ramekin, olesi dengan margarin, sisihkan.- Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum dan layu, masukkan daging kornet, aduk. Tambahkan pasta, susu, dan keju yang dipotong dadu, aduk, kecilkan apinya.
- Tambahkan telur dan merica ke dalam pasta aduk rata, masak hingga adonan agak mengental, angkat dari atas api.
- Masukkan adonan pasta ke dalam mangkuk, taburi keju parut. Taruh mangkuk pasta di atas loyang datar, panggang dalam oven hingga matang, angkat.

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Hai Mba Inna, terima kasih sudah mampir ya...

      Hapus
  2. waah enak niih...
    mbak Rika bisa posting di grup idfb di facebook juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Inev, tiap saya buka link yang di fb kok error terus ya. Dari jaman labu itu ga bisa uplod mulu.

      Hapus
    2. sepertinya mbak Rika belum masuk jadi member IDFB di fb. coba buat request dulu untuk join groupnya yaach. akun fb mbak Rika yg mana?

      Hapus
    3. Fb saya rika oktianti Mba Inev. Fb baru. Fb lama kena baneed. Saya coba add fbnya idfb ya.

      Hapus
    4. okee. join ke group Indonesian Foodblogger ya mbak. ;)

      Hapus
    5. Saya sudah join tinggal diapprove oleh admin saja ya Mba Inev.
      Terima kasih.

      Hapus