Lapis Legit Kukus


Akhirnya kesampaian saya bikin lapis legit kukus. Kepengen bikin sudah lama. Seingat saya, saya kepengen bikin itu dari dua tahun yang lalu, ga pernah kebikin karena alasan waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk bikin satu loyang, dan memang mesti cari waktu khusus baru bisa bikin kue yang berlayer seperti ini. Dan dengan niat dan tekat bulat, saya coba juga.

Lapis ini versi kukus jadi kalau ditanya rasa ya rasa cake kukus, bukan rasa bolu kukus ya, beda! Jangan membayangkan bakalan sama dengan lapis legit panggang, beda dong. Lapis legit kukus ini relatif lebih keras daripada lapis legit panggang. Wajar lah ya, soalnya lapis legit kukus menggunakan telur utuh. Sedangkan lapis legit panggang menggunakan kuning telur saja. Nah jika lapis legit panggang pun menggunakan telur utuh maka saya rasa tekstur lapis akan sama kerasnya.

Abaikan layer cake yang bergelombang dan ga rapi ya. Harusnya setiap layer sebelum dituang adonan baru ditekan-tekan menggunakan penekan lapis supaya rapi. Nah tadi itu ga pake ditekan-tekan karena ngikutin resep ga pakai tekan. Kali aja ada yang mau bikin juga, saya sarankan agar menggunakan penekan kue lapis supaya hasil tiap layer bisa cantik. Pas bikin juga sempat ada insiden lapisan sebelumnya belum kering walau sudah lima menit dan saya keburu tuangin adonan yang baru. Alhasil, layernya ga jadi layer. Jadi buat yang mau coba mesti lebih diperhatikan layer yang sebelumnya. Selalu sentuh permukaan lapis untuk menentukan lapisannya sudah kering atau masih basah. Jika belum kering, tambah waktu 1 menit untuk pengukusan.

Resep saya ambil dari Sajian Sedap

Bahan:
200 gram margarin
2 1/2 sendok makan susu kental manis
40 gram susu bubuk
8 butir telur
200 gram gula pasir
1 sendok makan emulsifier (tbm/sp)
200 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt esens vanila

Bahan Taburan, aduk rata:
1/2 sdm cokelat bubuk
1 sdm bumbu spekuk (saya ga punya, saya ganti cokelat bubuk)

Cara membuat :
- Kocok margarin sampai lembut. Tambahkan susu kental manis. Kocok rata. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan esens vanila. Aduk rata.
- Tuang sedikit – sedikit ke kocokan mentega sambil diaduk perlahan.
- Ambil 75 gram adonan. Ratakan di loyang 20x20x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Ayak tipis bahan taburan. 
- Kukus 5 menit di atas api sedang. Tuang lagi 75 gram adonan. Ayak tipis bahan taburan. Kukus 5 menit sampai matang.
- Lakukan sampai adonan habis. Untuk lapisan terakhir dituang, kukus 10 menit sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar