Mie Asin Goreng


Postingan kedua untuk NCC Masakan Ibu Week. Yang belum ikut, ikutan yuk.

Kali ini saya bikin mi asin goreng. Baru kali ini saya kenalan dengan mie asin. Itupun gara-gara dikasi sama seorang sahabat, mie asin buatan Singkawang. Kenapa disebut mie asin? Karena rasanya memang asin. Jadi jika dimasak, ga perlu lagi ditambahkan garam. Mie asin ini sama dengan misoa. Cuma nama misoa memang ga familiar di masyarakat kami. Yang mereka kenal ya cuma mie asin.

Mie asin dari Singkawang biasa disajikan berkuah. Kali ini sebagai perkenalan saya coba bikin mie asin sebagai snack. Mie asin bukan mie yang mahal, sekilonya cuma 11 ribu. Sekilo itu isinya banyak sekali, pokonya murah meriah deh. Jadi jika di rumah ada arisan atau pengajian, trus budget untuk snack ga besar, bisa nih dibikinin mie asin goreng. Proses pengerjaan pun ga lama. Saya bikin kemaren malam, dicetak, masuk kulkas, pagi ini baru digoreng. Cuma lebih mudah jika menggunakan wadah plastik daripada wadah alumunium. Setengah bagian adonan mie asin saya gunakan cetakan talam untuk mencetaknya. Setengahnya lagi saya masukkan dalam wadah plastik kotak terus nanti kalau mau digoreng baru dikeluarkan dari wadah dan dipotong-potong. Saya lebih sreg yang menggunakan cetakan talam karena hasil akhirnya lebih rapi ketimbang yang dipotong-potong. Yang di gambar ini versi menggunakan cetakan talam.


Resep diambil dari catatan resep Mamak. Resep ini saya tulis ulang dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

Bahan:
500 gram mie asin, rendam dalam air selama 15 menit, tiriskan
250 gram daging, potong dadu (saya gunakan daging giling)
1 buah wortel, potong dadu
1 batang seledri, iris halus
2.5 gelas air (saya gunakan 3 cup)

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
2 butir bawang merah
Merica secukupnya

4 butir telur + 4 sdm tepung tapioka untuk celupan, kocok rata dengan garpu

Cara Membuat:
- Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak hingga harum, masukkan daging giling, tumis hingga berubah warna. Tambahkan sedikit air jika perlu. Pastikan daging sudah matang ketika bahan selanjutnya dimasukkan.
- Masukkan wortel, seledri, mie asin, tumis sebentar, lalu masukkan air. Masak hingga air menyusut sambil terus diaduk mienya.
- Jika air sudah menyusut, matikan api kompor, tuang mie ke dalam wadah plastik, sisihkan.
- Jika sudah dingin, keluarkan mie dari wadah plastik, potong-potong sesuai selera, masukkan ke dalam adonan pencelup, goreng di dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan dan matang.

2 komentar:

  1. fotonya cantikk banged mbak...moodnya dapet...
    mie asin itu seperti apa ya...blm prnh dgr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ga sreg dengan foto bawah mba selma. Fokusnya meleset bukan ke mie asinnya tp ke sausnya. Mie asin itu seperti bihun tapi bahan dasar mie asin terigu. Dijual dalam keadaan kering.

      Hapus