Ikan Bumbu Cabai


Postingan ga terlalu penting ini ceritanya. Semua pasti pernah makan ikan yang dicabein gini lah kan. Tapi siapa tahu ada yang baru turun ke dapur, semoga postingan ini cukup membantu. Ikan yang dipake bisa ikan apa saja. Saya pakai ikan kembung, tapi sayang, kembungnya kecil-kecil ini, anak kembung, mama kembung ga ada. Di penjual ikan yang lain juga sama, anak kembung yang dijual. Jadi ya saya ambil saja anak kembung ini, dapat dengan harga cukup murah pula, cuma 20 ribu per kilo.

Balik lagi ke cerita tentang ikan, sebenarnya sampai sekarang ini saya masih belajar bagaimana caranya memoto masakan menjadi lebih menarik. Buat saya, memoto makanan itu jauh lebih sulit dari memoto kue. Tingkat kesulitan moto makanan itu jauh lebih sulit. Diantara semua makanan, memoto ikanlah yang paling sulit. Makanya saya sedang mencoba-coba bagaimana memfoto ikan menjadi jauh lebih menarik. Sulit ternyata, saya belum dapat celahnya.

Untuk memfoto ikan ini saya tiga kali ganti plate dan 4 kali ganti alas. Dari sudut manapun difoto rasanya ga ada yang pas. Dari dua ikan hingga ikan menjadi tiga ekor. Dari tanpa napkin sampai dengan napkin buntut, akhirnya diputuskan ini yang lebih baik daripada yang lain. Masih belum puas nih. Nanti deh jika ada waktu luang, akan lebih banyak latihan foto ikan lagi.

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Paket Menu Praktis Untuk Sehari-hari.

Bahan:
4 ekor ikan kembung (saya pakai 6 ekor ukuran kecil)
50 ml air asam (dari 1 sdt asam jawa)
1 sdt garam
Minyak untuk menggoreng dan menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
7 buah cabai merah keriting
1/2 buah tomat
1/2 sdt terasi matang
1/2 sdt gula pasir
Garam secukupnya
2 batang serai, iris serong
2 lembar daun jeruk
75 ml air

Cara Membuat:
- Bersihkan ikan kembung, gurat-gurat sisinya. Lumuri dengan air asam dan garam, kemudian goreng sampai matang, kuning dan kecoklatan. Angkat.
- Panaskan empat sendok makan minyak, tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk sampai harum dan matang. Tuang air, aduk dan biarkan sampai mendidih.
- Masukkan ikan goreng, masak dengan api kecil sampai air habis dan bumbu meresap. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar