Bakpao Keju

 
Bakpao adalah hidangan tradisonal Cina. Kata bakpao berasal dari kata "bak" yang berarti daging babi dan "pao" yang berarti bungkus. Pada jaman dahulu, bakpao identik dengan daging babi. Namun kini di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim, konotasi bakpao tidak lagi demikian. Kini pengertian umum dari bakpao adalah hidangan dari tepung terigu, difermentasi, diberi aneka isian dan dimatangkan dengan cara dikukus (disadur dari buku demedia - bakpao)

Bakpao itu mengingatkan saya pada almarhum mamak saya. Bukan karena beliau pernah membuatkan saya bakpao yang lezat, percayalah mamak saya belum pernah membuatkan saya bakpao. Dulu ketika saya masih sma dan kuliah, mamak sering membelikan saya bakpao di depan Apotik Sadar di dekat pasar Sungai Jawi. Pada waktu itu harganya Rp.3000,-/buah. Ada isi coklat, keju, ayam, kacang merah, dan kacang hijau. Favorit saya tentu saja keju dan ayam. Sampai sekarang yang jualan di depan Apotik Sadar masih ada, harganya Rp.5000,-/buah. Sudah lama saya ga pernah beli bakpao disitu. Tapi buat saya, yang jualan disitu masih Bakpao paling oke sekota Pontianak.

Sekarang sudah semakin bisa bikin bakpao walau masih dengan bentuk yang acak adut. Masih ga pandai saya membuat ala-ala bunga atau ala mawar. Dari resep ini saya cobain 2 buah yang berbentuk mawar, tapi ya gitu deh, mawarnya pada berguguran kelopaknya ketika mengembang. Akhirnya saya putuskan membentuk ala kadarnya aja, yang penting jadi lah bakpao dengan atasnya bermotif seperti ini.

Resep kulit diadaptasi dari resep roti kukus ala pizza bukunya Saji - 21 Resep Cake dan Roti Kukus Istimewa. Kalau membuat bakpao sendiri ternyata jauhhh lebih murah dan lebih kenyang. Modal untuk membuatnya sekitar 30 ribu dan sedikit waktu, tapi bisa jadi 16 buah ukuran besar. Menyenangkan bukan?

Bahan Kulit:
400 gram tepung terigu protein rendah
30 gram susu bubuk
2 sdt ragi instant
60 gram gula tepung
1 sdt baking powder
2 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sdt garam

Bahan Isi:
200 gram keju, parut
3 sachet susu kental manis

Cara Membuat:
- Isi, aduk rata keju parut dan susu kental manis hingga menjadi pasta, sisihkan.
- Kulit, aduk rata tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, gula tepung, dan baking powder. Tambahkan putih telur dan air es. Uleni sampai kalis. Masukkan mentega putih, garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
- Timbang adonan 50 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Pipihkan adonan dengan cara digiling dengan rolling hingga tipis. Beri isi. kuncupkan bagian atas kulit menjadi delapan gelombang, rekatkan dengan cara dipencet.
- Letakkan di atas kertas roti. Diamkan 25 menit sampai mengembang.
- Kukus di dalam pengukus yang telah dipanaskan, di atas api sedang 10 menit sampai matang.

4 komentar: