Suun Goreng


Saya baru tahu ternyata suun bisa digoreng. Selama ini tahunya bihun doang yang bisa digoreng. Saya tahunya itu suun biasanya cuma buat campuran soto, sup, bakso, atau masakan berkuah lainnya. Ternyata bisa digoreng juga sodara-sodara. Kemana aja saya selama ini.

Di Indonesia, suun disebut sohun atau soun. Suun awalnya berasal dari Tiongkok. Dalam bahasa Mandarin, sohun disebut fěn sī (粉絲) yang artinya mi benang. Di Taiwan, sohun disebut dōng fěn (冬粉) yang artinya mi musim dingin. Di Korea, sohun disebut dangmyeon (hangul: 당면, hanja: 唐麵), yang artinya mi Dinasti Tang. Di Jepang, sohun disebut harusame (春雨) yang artinya hujan musim semi. Di Filipina, sohun disebut sotanghon. Di Thailand, sohun disebut woon sen (วุ้นเส้น). (sumber: wikipedia)

Suun yang kali ini saya bikin pun suun buatan Tiongkok. Mie Suun Longkou namanya. Nah.. apa bedanya suun dan bihun? Suun umumnya dibuat dari kacang hijau, tekstur suun akan transparant dan licin setelah direndam. Bihun umumnya terbuat dari jagung atau beras. Bihun lebih tipis dibandingkan soun dan tekstur bihun setelah direndam tidak selicin soun. Untuk proses melenturkan, suun dan bihun tidak perlu dimasak. Cukup direndam di air panas selama beberapa menit, maka suun dan bihun akan lentur dan mengembang. Jangan direndam terlalu lama karena suun dan bihun akan terlalu mengembang. Segera tiriskan apabila suun dan bihun dirasa sudah lentur.

Resep diambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Paket Menu Komplit 30 Hari

Bahan:
10 buah bakso, potong 8 bagian (saya gunakan udang)
200 gram suun, seduh air panas, tiriskan
1 bonggol sawi caisim (saya pakai sawi manis)
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1 sdt garam

Bumbu Tambahan:
1 batang daun bawang, iris serong
2 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun bawang hingga harum. Masukkan bakso, tumis kembali hingga bakso matang
- Tambahkan suun, beri kecap manis, merica, dan kaldu bubuk. Aduk terus hingga bumbu rata.
- Tambahkan sawi, aduk rata hingga sawi layu. Angkat dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar