Boston Brownies


Baru kali ini nih saya tahu yang namanya boston brownies. Brownies tanpa cokelat masak, tapi bisa begitu nyoklat. Brownies ini juga menggunakan gula palem, tapi si gula palem ketika berpadu dengan bubuk cokelat malah tersamarkan rasa si gula palem.

Yang paling unik buat saya itu karena menggunakan marshmallows di dalamnya. Baru kali ini bikin cake yang pakai marshmallows. Coba deh, pas dipanggang marshmallowsnya menggelembung, lucu liatnya. Ketika dingin marshmallows menjadi lengket dengan cakenya. Bagi yang mau mencoba resep ini ingat ya, gunakan marsmallow yang sudah ada logo halalnya.

Resep diambil dari bukunya Lenny Jusup - Brownies Klasik. Saya gunakan 1/2 resep menggunakan 1 buah loyang ukuran 10x30x4 cm.

Bahan:
250 gram mentega
250 gram gula palem
1 sdt vanili bubuk
4 butir telur, dikocok
200 gram tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
50 gram cokelat bubuk
100 gram hazelnut, dipanggang dan dicincang kasar (saya gunakan kacang mede)
100 gram cokelat masak (dark cooking chocolate), potong kecil (saya gunakan chocochips)
75 gram mini marshmallows, potong kecil

Cara Membuat:
- Kocok mentega, gula, dan vanili hingga gula larut. Masukkan telur, kocok rata.
- Masukkan tepung terigu, baking powder, garam, cokelat bubuk, cincangan hazelnut bersama potongan cokelat dan marshmallows. Kocok rata.
- Tuang adonan ke loyang yang te;ah dioles mentega dan dialasi kertas roti, panggang hingga matang dalam oven bersuhu 180 C selama 30 menit.

4 komentar:

  1. Memang kayaknya perlu dicoba nih mbak Rika.. :)
    Makasih ya sdh share resepnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mba Citra.
      Terima kasih sudah mampir ya. ^_^

      Hapus
  2. maksudnya tanpa cokelat masak gimana yaa mbk Rika, di resep asli pake cokelat masak yaa mbak,,,,, pake marshmallow anak-anakpasti suka ini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya kebanyakan brownies itu kan pake dcc yang dilelehkan sebagai tambahan di adonan, nah.. brownies yang ini ga pake cokelat yang dilelehkan mba vero, tapi cokelat yang dipotong dadu dan dibiarkan utuh di dalam cakenya. Marshmallowsnya udah ga berbentuk marshmallows lagi mba. Tapi si marshmallows itu menghasilkan brownies yang lengket ketika dimakan.

      Tengkiu sudah mampir ya ^_^

      Hapus