Snewballen


Sekilas mirip dengan Oliebollen ya? Kalau oliebollen itu lebih mirip roti goreng, nah kalau snewballen ini lebih mirip sus goreng. Sus goreng yang diberi tambahan sukade dan kismis menjadikan sus ini begitu berbeda.

Membuatnya tidaklah sulit. Disambil masak juga bisa. Anti gagal pula. Adonan saya timbang masing-masing seberat 15 gram supaya ukurannya sama. Yang agak trik itu pas ngegorengnya. Kismisnya, terutama kismis yang nempel di bagian luar sering terlepas ketika digoreng, saran saya, kismisnya dimasukin ke dalam bulatan saja supaya lebih aman dan cantik mulus ketika digoreng. Menggorengnya pun pakai api kecil ya biar ga mudah gosong.

Kalau dirasa memulungnya agak sulit karena lengket, taburi tangan dengan terigu baru mulai memulung. Insya allah hasil pulungan akan cantik dan tidak lengket di tangan. Tekstur adonan mentah memang masih lengket-lengket ala sus gitu. Dengan menaburkan terigu di tempat-tempat yang akan disentuh adonan, adonan akan aman terkendali.


Resep diambil dari bukunya Dapur Alma - Kue Kue Populer Ala Belanda

Bahan:
100 ml air
50 gram mentega
1/2 sdt garam
75 gram tepung terigu
50 gram kismis
25 gram sukade
2 butir telur
Gula halus
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
- Cairkan mentega bersama air dan garam, masukkan tepung terigu, aduk. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga rata.
- Masukkan telur, aduk lagi hingga rata, kemudian masukkan kismis dan sukade sambil diaduk hingga rata dan diamkan selama 10 menit agar tidak lengket. Jika sudah tidak lengket, matikan apinya.
- Ambil adonan sesendok demi sesendok, bentuk bulat-bulat, lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajkan dengan ditaburi gula halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar