Lontong Tuyuhan

 
Lontong payuhan ini berasal dari daerah Tuyuhan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Rasanya mirip opor ayam, tetapi pedas dan lebih gurih karena santannya sangat kental. Aroma rempahnya pun cukup tajam, terutama pala.

Karena ini makannya bareng Kirana, jadi buatnya versi ga pedas. Cabe tetep pake, tapi dikit dan ga pake rawit. Kirana sukaaa sekali.. Untuk lontong, saya beli jadi di Pasar Flamboyan. Harganya seribu lima ratus aja per batangnya. Daripada repot bikin kan, beli lontong siap makan aja.

Oh ya, kerupuk yang difoto itu kerupuknya bocah tua. Mantep banget si kerupuk itu. Mirip kerupung mamang yang banyak dijual di warung kopi atau rumah makan. Cuma, kalau yang digoreng sendiri kan lebih terjamin kebersihan dari minyaknya. Yuk dicoba... Yang saya pakai ini jenis kerupuk palembang, pas digoreng mekar sekali. Sukaaa *bukan sales kerupuk cap bocah tua*

Resep saya ambil dari bukunya Saji - Mudah Memasak Kuliner Nusantara

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung, potong 4 bagian (saya pakai ayam negeri ukuran sedang)
4 buah hati ayam
4 buah ampela ayam
4 buah lontong
3 buah cabai merah besar, iris tipis (saya pakai 1)
1 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 sdm garam
1 sdt gula pasir
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1000 ml santan encer dari perasan santan kental.
2 sdm kecap manis
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
3 buah cabai merah
4 buah cabai rawit merah (saya ga pake)
2 cm lengkuas
5 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1/4 sdt jinten, sangrai
2 cm kencur
1/2 sdt pala bubuk
2 cm kunyit, bakar (saya pakai 1 sdt kunyit bubuk)
2 cm jahe

Cara Membuat:
- Panaskan minyak. Tumis cabai merah sampai layu. Tambahkan bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum.
- Masukkan ayam, hati, dan ampela. Masak sampai berubah warna.
- Masukkan santan encer, garam, dan gula pasir. Masak sampai ayam matang. Tuang santan kental. Masak sampai mendidih.
- Letakkan lontong dan ayam beserta kuahnya di dalam piring. Tambahkan kecap manis. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar