Tumis Jamur Cabai Hijau


Tumisan kami di hari ini. Tidak mudah menemukan jamur tiram di Pontianak, tidak semua pasar menyediakan jamur tiram ini. Nah.. pas tadi belanja di Pasar Flamboyan, saya menemukan satu kios (satu kios doang dari pasar sebesar itu) penjual yang menjual jamur tiram. Sekilonya 45 ribu. Tadi jamur tiramnya ga seberapa banyak lagi, saya beli semuanya kurang lebih 700 gram cuma dihitung 25 ribu. Senang... udah lama ga ketemu di jamur.

Biasanya saya goreng tepung jamur tiramnya. Untuk kali ini saya coba tumis dengan cabai. Untuk kirana sengaja dibikinin versi ga pedas tanpa cabai seporsi kecil. Jamur tiram itu kalau sudah diolah jadi menciut ukurannya. Jadi awalnya banyak, kalau sudah diolah jadinya ga seberapa. Oh ya, tumisan jamur ini ga tahan lama, jadi lebih baik hanya dimasak untuk sekali makan saja.

Resep saya ambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Menu Sehat, Praktis dan Lezat Untuk 30 Hari

Bahan:
250 gram jamur tiram, siangi, suwir-suwir
4 buah cabai hijau, iris serong
1 batang daun bawang, iris serong
50 ml air
3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu:
4 siung bawang putih, iris tipis
1 buah bawang bombay, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt garam
1 sdt gula putih
1/2 sdt kaldu bubuk (jika suka)

Cara Membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan cabai hijau dan air, aduk hingga layu. Masukkan jamur, daun bawang, dan bumbu-bumbu. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Angkat, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar