Regenboog Puding


Puding ini adalah salah satu sajian berbuka puasa saya beberapa hari yang lalu. Entah mengapa kepengen bikin puding gitu biar segar. Cuaca Pontianak masih panas di puasa ini. Bukan hal yang mudah berpuasa di Pontianak dengan cuaca sepanas ini. Kisaran suhu di Pontianak di siang hari sekitar 34-36 C. Cukup panas bukan?

Balik ke cerita regenboog puding, puding ini berasal dari Belanda. Jika diartikan ke dalam bahasa inggris menjadi rainbow puding atau puding pelangi dalam bahasa indonesia. Memang bukan dalam enam warna seberti lazimnya rainbow puding. Mengapa hanya empat warna dan bukan enam warna? Karena di jaman dulu itu pewarna makanan yang ada hanya merah dan hijau. Biar lebih bervariasi digunakanlah warna coklat yang didapat dari coklat bubuk dan warna putih yang plain. Makanya hanya empat warna saja si rainbow puding ini.

Kalau soal rasa, ya standar lah ya. Namanya juga puding, ya rasanya begitu aja. Aslinya puding ini dimakan bersama dengan es. Kira-kira dibuat seperti es teler gitu, cuma isinya ya agar-agar rainbow ini doang. Saya ga pake, saya makan cuma pudingnya saja.


Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah Julie Sutarjana - 225 Resep Hidangan Spesial Pilihan Favorit Sepanjang Masa.

Bahan:
1 bungkus (11 gram) agar-agar bubuk warna putih
200 ml air
500 ml susu
100 gram gula pasir
Pewarna kue warna merah dan hijau
Cokelat bubuk secukupnya (saya cairkan dengan sedikit air)
Sirup vanili secukupnya (saya ga pake)
Susu manis kaleng secukupnya (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Masak agar-agar dengan air.
- Didihkan susu dengan gula sampai larut, campurkan ke cairan agar-agar, saring. Bagi adonan menjadi 4 bagian, masing-masing berwarna putih, merah, hijau, dan cokelat. (saya ambil untuk tiap warna kurang lebih 175 ml, warna yang menunggu untuk dituang akan membeku bisa dipanaskan kembali dengan cara ditim di atas air mendidih sambil diaduk-aduk supaya seluruh bagian mencair)
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah dibasahi dengan air, berurutan dari yang berwarna putih, dinginkan. Tuang adonan merah, dinginkan kembali, demikian seterusnya. Biarkan hingga dingin dan mengeras. Dinginkan dalam lemari es. (karena puding ga dibalik, jadi saya taruh yang berwarna putih di bagian paling atas)
- Hidangkan dengan sirup vanili, susu kental manis, dan es gepukan.

4 komentar:

  1. Lucu wadahnya mbak :). beli dimana? Susah gak masukinnya ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba ina moulina ada jual mba. Mirip botol utk asip kan ya.. tp botol ini lehernya lbh besar drpd botol asip. Saya masukin pudingnya pake sendok.

      Hapus
  2. Terimakasih mba resepnya :)
    nanti mau coba bikin

    BalasHapus