Kaastengels Kentang


Hai hai semua, saya ini mulai ikutan euphoria bikin kukis persiapan lebaran. Sebenarnya tahun ini rumah saya ga terima tamu karena bakal mudik ke rumah omanya Kirana di Bekasi, jadi kue kue ini ya buat dimakan kami serumah bukan buat tamu. Huhuhu….

Pertama kali bikin kaastengels aja. Saya yakin deh kaastengels ini ga bakalan tahan lama. Ga bakalan sampe lebaran tiba udah habis. Percaya deh. Kalau yang namanya kukis keju, duhh laris manis di rumah. Kaastengels ini saya bikin kemaren subuh. Dimulai jam 2 malem, selesai panggang jam 6 subuh. Kenapa bikin jam 2 subuh? Karena cuma di waktu itu yang matching sama jadwal bobo saya dan Kirana. Awalnya mau bikin jam malam, tapi kok ya baru selesai makan dan cuci piring jam 10 malam, trus Kirana heboh mo bantuin. Kebayang kan jam berapa selesainya kalau Kirana mau bantu? Jadi saya ajak aja Kirana bobo dulu. Jam 2 bangun, baru deh bikin kue. Aman terkendali kalo ngerjain sendiri daripada di’bantu’ Kirana.

Rasa dari kaastengels ini ngeju sekali. Buat cheese lover, silakan dicoba. Karena menggunakan tepung kentang, jadi tekstur kaastengels ini lumer di mulut. Ga perlu digigit langsung lumer. Enakkk deh. Di resep pake tepung kentang, tapi karena di Pontianak cuma ada flakes kentang, jadi flakesnya saya blender hingga menjadi tepung. Kali ini saya nyobain butternya Elle & Vire. Ternyata harumnya kurang ya..

Resep diambil dari bukunya Yantie Febrianti Husen – Variasi Kue Kering Favorit. Saya Cuma bikin 1/2 resep bisa dapet 1 toples pyrex yang tinggi.

Bahan:
300 gram mentega
300 gram margarin
4 buah kuning telur
1 sdt garam
100 ml fresh cream (saya pakai susu cair)
250 gram keju parmesan, parut (saya pakai keju edam)
250 gram keju cheddar, parut
Keju cheddar parut, untuk taburan

Bahan Tepung (Campur dan Ayak)
50 gram tepung maizena
50 gram susu bubuk full cream
500 gram tepung terigu protein sedang
500 gram tepung kentang
1 sdt baking powder (saya ga pake)

Bahan olesan (Campur dan Saring)
5 buah kuning telur (untuk 1/2 resep saya pakai 2 kutel)
1 sdm air
1/2 sdt minyak sayur

Cara Membuat:
- Campur mentega, margarin, kuning telur dan garam. Kocok hingga adonan mengembang dan berwarna kuning pucat.
- Tambahkan fresh cream sedikit demi sedikit. Kocok sebentar hingga rata.
- Masukkan keju parmesan parut dan keju cheddar parut. Kocok sebentar, matikan mikser.
- Masukkan bahan tepung. Aduk menggunakan spatula hingga adonan kalis.
- Bentuk adonan menjadi kotak panjang atau oval seukuran jari tangan. Tata adonan di atas loyang yang sudah dioles margarin.
- Olesi permukaan atas kue dengan bahan olesan, lalu taburi dengan keju cheddar parut. Lakukan hingga seluruh adonan terbentuk.
- Panggang cookies dalam oven bersuhu 180 C selama 20 menit (saya panggang dengan api kecil sekitar 140 C).
- Angkat dan biarkan dingin. Tata cookies ke dalam toples kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar