Vanila Genoise Cake


Jelek ya fotonya... lagi no idea dan bad mood pas moto. Jadinya begini deh hasilnya.

Iseng-iseng pengen nyobain bikin vanila cake, karena katanya vanila cake yang pake vanila susunya L'arome itu mantep harumnya. Sebenarnya pengen nyobain bikin cake pake vanila bean sih. Tapi kok ya mahal banget harganya. Ntar kapan-kapan pengen juga dicobain. Biar tahu aja perbandingannya.

Cara bikin vanila genoise cake ini mirip deluxe brownies yang pernah saya bikin. Telur dan gula dikocok di atas air mendidih supaya cepat kental. Jadi tanpa emulsifier pun telur dan gula akan kental berjejak dengan cantik.

Resep diambil dari bukunya Ambarini - Cake Cokelat Populer. Satu resep ini saya menggunakan 2 buah loyang ukuran 10x22x6 cm.

Bahan:
6 butir telur
150 gram gula pasir halus
2 sdt vanili ekstrak atau 1/2 sdt vanili bubuk
60 gram mentega tawar, lelehkan
140 gram terigu protein rendah, ayak (saya pakai protein sedang)

Cara Membuat:
- Siapkan loyang ukuran 24 cm x 24 cm x 5 c, alasi dengan kertas roti, olesi dengan margarin. Panaskan oven hingga bersuhu 175 c. Rebus air setinggi 2 cm dalam panci hingga mendidih.
- Siapkan wadah tahan panas berbentuk mangkuk, masukkan telur dan gula pasir. Masukkan wadah ke dalam panci berisi air mendidih sambil dikocok dengan mikser dengan kecepatan sedang hingga suhu telur hangat agak panas, kemudian angkat dari panci. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga putih dan kental, tandanya bila mikser diangkat akan meluncur adonan seperti pita.
- Masukkan menjadi 3 tahap ayakan terigu, aduk rata dengan balon whisk atau dengan spatula, searah hingga rata, masukkan sisanya.Masukkan sebagian mentega tawar, aduk rata, tuang sisanya, aduk rata.
- Masukkan ke dalam loyang, lalu angkat sedikit, lalu jatuhkan loyang agar gelembung udara berlebih keluar, lakukan 3 kali.
- Masukkan adonan ke dalam oven, panggang selama 35 menit hingga permukaan cake matang, angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

5 komentar:

  1. Iyaa harum bgt mba rika,wangi smerbak..vanila bean mgkin lbh manteb kali ya mba,cm dijogja blm prnah nemu,blm prnh cobain jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Pontianak malah ga ada jual L'Arome Mba Ikka. L'Aromenya saya minta kirimin dari Jakarta. Di Pontianak cuma kenal pasta vanila merek kupu-kupu doang. Apalagi vanila bean...
      Kapan hari itu pernah liat di salah satu ols jual vanila bean 5 buah 55 ribu. Hmm...

      Hapus
  2. Dijogja l'arome ne jg cm agk susah mba,adapun kadang2 diTbk kmasannya yg 500gr gt,jadi kerasa mahalnya hehehhehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh saya beli yang direpacking pake botol untuk 100 gram aja rasanya banyak banget Mba Ikka. Entah kapan itu habisnya, makanya cari yang exp datenya lumayan panjang. Apalagi kalau yang 500 gram ya.

      Hapus
  3. Hahaha iya mba,gk cm bingung..smpe2 bikin makanan yg gurih aj dipakein L'arome..dsini ada kmasan repack gt,dr uk 50gr ada hrga 18an),cm bkn L'arome,vanila susu gt aj,prnah nyoba jg,tp make uk sesuai resep ada efek pahit(mgkin kbanyakan,makenya mgkin stgh dr yg ad diresep),klo L'arome ne enggk,pake takaran sesuai resep enak aj,malah wanginya smakin smerbak...hahaha malah curhat ne

    BalasHapus