Lumpur Surga


Kenapa ya dinamakan lumpur surga?

Dulu yang saya tahu dan pernah coba itu lumpur surganya Pak Sahak Pribadi yang mantep. Jadi kali ini saya mau cobain resep lumpur surga yang lain. Yang ini sama mantepnya kok. Saya bikin lumpur surga ini untuk acaranya Tante Ango, Alhamdulilah.. tamu pada suka. Banyak yang tanya ini kue apa. Mungkin mereka belum familiar dengan kue lumpur. Di Pontianak memang ga banyak yang kenal dengan kue lumpur.


Resep saya ambil dari bukunya Albertin Hoesni - Pedoman Memasak Terampil Kue Basah Yang Paling Diminati. Satu resep ini bisa dapat 27 buah kue lumpur diameter 6.1 cm.

Bahan:
5 kuning telur
2 putih telur
1/2 sdt garam
175 gram gula pasir (saya pake 150 gram)
1/2 sdt vanila bubuk
150 gram tepung terigu
250 gram kentang, kukus, dan haluskan (saya gunakan 75 gram kentang flakes yang ditambah air panas hingga beratnya menjadi 250 gram, aduk rata)
500 ml santan dari 1 butir kelapa (saya pakai santan instant yang dicairkan)
1 lembar daun pandan (karena pake santan kental, jadi ga pake daun pandan)
50 gram margarin, cairkan
Kelapa muda dan kismis secukupnya (saya cuma pake kismis kuning)

Cara Membuat:
- Kocok telur, garam, gula, dan vanila hingga berbusa.
- Campur tepung terigu dengan kentang halus, aduk, dan uleni hingga tercampur rata.
- Masak santan dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih dan biarkan dingin.
- Masukkan santan ke dalam telur, kocok dengan kecepatan rendah. Tambahkan campuran kentang, terigu sambil dikocok hingga rata dan lembut. Terakhir masukkan margarin cair, aduk rata. Saring adonan. (saya ga saring, males)
- Tuang adonan ini ke dalam cetakan kue lumpur sebanyak 3/4 penuh yang telah dipanaskan dan diolesi margarin terlebih dahulu. Tutup dan panggang hingga 1/2 matang. Beri kismis dan kelapa muda. Tutup kembali dan panggang hingga matang.
- Keluarkan dari cetakan dan hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar