Deluxe Brownies


Hmm namanya bagus ya deluxe brownies. Brownies yang satu ini cukup unik. Umumnya yang namanya brownies itu kan cukup diaduk-aduk aja bahan-bahannya, nah deluxe brownies ini dikocok ala membuat sponge cake. Yang bikin beda lagi dikocoknya di atas air yang mendidih. Awalnya saya penasaran kenapa harus dikocok di atas air mendidih, ternyata metode seperti ini mempercepat telur dan gula menjadi kental. Tadi dikocok hanya 5 menit saja, adonan sudah kental berjejak. Padahal kalau dikocok biasa tanpa air mendidih bisa 10-15 menit baru kental berjejak.

Aslinya deluxe brownies ini menggunakan kacang mete panggang yang ditumbuk. Karena saya ga punya kacang mete, saya ganti dengan kacang almon iris, boleh kan ya? Deluxe brownies pun ini tidak sehitam brownies pada umumnya, karena penggunaan coklat masak dan coklat bubuk tidak sebanyak brownies pada umumnya. Kalau menurut saya, lebih mirip cake cokelat.

Resep diambil dari bukunya Indriani - Modern & Classic Brownies. Saya kurangi penggunaan gula pasirnya supaya tidak terlalu manis. Satu resep ini saya panggang di loyang 10x30x4 cm, pas hasilnya.

Bahan:
175 gram margarin / mentega
125 gram cooking chocolate, potong-potong
300 gram gula pasir halus (saya cuma pakai 150 gram)
2 sdt ekstrak vanili
3 butir telur
175 gram tepung terigu
100 gram kacang mete panggang, tumbuk kasar (saya pakai irisan kacang almond)

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan panas 180 C
- Masak margarin dan cokelat dalam panci tim di atas api kecil, aduk-aduk hingga meleleh. Angkat, dinginkan.
- Kocok gula, vanili, dan telur pada wadah tahan panas dalam panci berisi air yang sedang didihkan, kocok selama 5 menit.
- Masukkan cokelat cair, kocok dengan kecepatan rendah. Tambahkan telur, kocok rata. Masukkan kacang dan tepung terigu, aduk rata. Lalu tuang dalam loyang ukuran 22.5 cm x 22.5 cm x 5 cm. Panggang selama 45 menit, dinginkan. Potong-potong sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar