Telur Bumbu Kacang


Masih punya banyak stok telur, kali ini saya coba membuat telur yang dibumbu kacang. Kebetulan ayah kirana bilang pengen bikin sate yang pake saus kacang. Jadi ntar sisa bumbu kacangnya bisa disiram ke sate. Hehehe....

Cuma saya ini ga terlalu halus menghaluskan kacangnya. Saya gunakan chopper manual untuk mencacah kacang. Harusnya diblender aja kacangnya supaya benar-benar halus. Coba lihat kacangnya, masih besar-besar kan?

Resep saya ambil dari Tabloid Saji Edisi 296. Resep ini untuk 1 resep. Tapi saran saya, bumbu kacangnya terlalu banyak. Jadi untuk 10 buah telur, harusnya bumbu kacang ini dibuat setengah porsi juga sudah cukup.

Bahan:
10 buah telur ayam, direbus, dikupas, dikerat-kerat, goreng (saya tidak kerat)

Bahan Sambal Kacang:
300 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
3 siung bawang putih
3 buah cabai rawit merah
75 gram gula merah
1/2 sdm garam
1/2 sdt terasi goreng
1 sdm air asam jawa dari 1 sdt asam jawa dan 2 sdm air, dilarutkan
500 ml air
Bawang merah goreng untuk taburan

Cara Membuat:
- Haluskan bawang putih, cabai, gula merah, garam, dan terasi. Tambahkan kacang. Aduk rata.
- Masak campuran kacang dan air hingga kental. Tambahkan telur. Aduk rata.
- Masukkan air asam. Aduk hingga mendidih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar