Mie Ayam Jamur


Kali ini nyobain bikin mie ayam jamur. Mienya homemade lo. Ternyata mie yang dibuat sendiri ukurannya jumbo ya. Ga seperti mie yang dijual sama abang-abang penjual mie ayam. Entah karena pasta maker saya lubangnya besar-besar atau adakah teman-teman yang lain pun juga ada mengalami hal yang sama dengan saya?


Untuk mie saya pakai resep mie telur istimewa dari bukunya bu Fatmah Bahalwan dan tim NCC – 241 resep makanan favorit anti gagal. Resep di bawah ini untuk 1 resep. Saya bikin hanya setengah resep. Saya tambahi jus sawi yang disaring. Ambil airnya buang ampasnya. Setelah dibentuk mienya menggunakan pasta maker, saya timbang 100 gram untuk satu porsi, gulung kemudian masukkan ke dalam plastik, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas. Kalau mau disimpan dalam jangka waktu yang agak lama, simpan di freezer. Kalau mau digunakan tinggal ambil sesuai kebutuhan kemudian direbus hingga matang, mie sudah siap untuk langsung dimakan atau untuk diolah kembali.

Bahan:
1 kg tepung terigu protein tinggi
450 gram telur kuning dan putih (untuk 1/2 resep saya gunakan 100 gram air jus sawi dan 3 butir telur ukuran sedang)
1 sdm garam

Cara Membuat:
- Aduk rata tepung dan garam, tuangi telur, aduk rata, uleni hingga kalis.
- Tipiskan adonan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan alat penggilas mi beberapa kali, hingga adonan halus.
- Kemudian beri taburan tepung sagu, lalu potong dengan pemotong mi.
- Mi siap digunakan.


Untuk ayam jamurnya saya gunakan resep dari Mamih Indah Murvida. Mamih ini jualan mie + bakso + ayam jamur juga. Jadi pasti ayam jamurnya enak dong ya. Beneran enak lo. Kirana dan Ayah suka sekali dengan ayam jamurnya. Dimakan dengan nasi juga oke.

Bahan:
500 gram daging ayam , potong dadu (saya pilih bagian dada dan saya rebus dulu dengan air yang agak banyak dan sedikit garam)
½ kaleng jamur, iris tipis
8 siung bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
4 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
½ sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis secukupnya.

Cara Membuat:
- Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan ayam dan jamur. Aduk rata.
- Masukkan kecap manis, saus tiram, dan merica. Aduk rata.
- Tambahkan air kaldu sisa rebusan ayam dan garam, lakukan tes rasa.
- Kecilkan api kompor, tutup wajan dan biarkan hingga ayam matang dan air kaldu menyusut.

Untuk pangsit gorengnya silakan lihat disini ya cara membuatnya.

Untuk kuah saya menggunakan air kaldu sisa rebusan ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar