Puding Enting - Enting (Masbar Puding Dingin)


Setoran kedua untuk ikut memeriahkan tantangan puding dingin di Masbar.


Kali ini saya coba membuat puding yang diberi tambahan enting-enting di dalamnya. Buat pecinta kacang, puding ini sangat saya rekomendasikan karena rasanya itu bener-bener penuh dengan kacang. Tapi ingat ya, ketika membuat karamelnya, pastikan gulanya jangan gosong karena jika gulanya sudah gosong maka rasa gulanya akan menjadi pahit.


Ternyata untuk mengeluarkan puding dengan menggunakan loyang alumunium ga mudah ya. Sedikit dibutuhkan kerja keras dan membutuhkan bantuan pisau. Jika menggunakan loyang dari bahan plastik akan lebih mudah karena loyang bisa digoyang-goyang sehingga tepi puding mudah terlepas dari loyangnya.


Resep saya ambil dari bukunya Rinto Habsari – Puding Busa + Susu. Satu resep bisa dapat 3 buah loyang tulban ukuran 12 cm.

Bahan:
1 bungkus (7 gram) agar-agar bubuk warna putih
1/8 sdt garam
3 putih telur
150 gram enting-enting kacang siap pakai, memarkan (saya gunakan 142 gram saja, satu bungkus enting-enting kacang berat bersihnya hanya 142 gram)

Karamel:
80 gram gula pasir berbutir halus
250 ml susu tawar kemasan

Cara Membuat:
- Karamel: Ratakan gula di atas wajan berdasar tebal. Panaskan di atas api kecil hingga sebagian gula meleleh. Tuangi susu, didihkan hingga gula larut. Angkat, biarkan uapnya hilang. Sisihkan.
- Taruh agar-agar bubuk dan garam dalam panci. Tuangi karamel sedikit-sedikit sambil diaduk searah. Jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga mendidih dan matang. Angkat, aduk-aduk hingga uapnya hilang.
- Kocok putih telur dengan mixer hingga kaku. Tuangkan larutan agar-agar panas setiap 1 sendok sayur (50 ml) sambil terus dikocok dengan mixer berkecepatan rendah hingga menjadi rata.
- Masukkan enting-enting kacang, aduk rata. Tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air matang. Biarkan membeku. Simpan dalam kulkas hingga waktu saji.

2 komentar:

  1. nyam nyam..enaak. Iya mbak, aku sering kesulitan mengeluarkan puding drai loyang xixixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Samaan ya kita mba Ivon.

      Hapus