Almond Egg Roll

 
Pernah mencoba bikin semprong yang ditambahi almond bubuk di dalam adonan? Kalau belum pernah almond egg roll ini bisa dijadikan salah satu referensinya. Harum dari almondnya sangat terasa. Terutama ketika dipanggang itu yang harumnya kemana-mana.

Bikin egg roll itu buat saya pengorbanan yang ga mudah. Dimulai dari subuh sekali baru selesai pagi. Nongkrong di depan kompor. Saya kalau bikin kue-kue yang seperti ini saya bikinnya di depan tipi pake kompor portable biar ga jauh dari kipas angin dan tentu saja ga bengong di dapur. Jadi mata di depan layar tipi, tangan megangin cetakan yang lagi dipanggang.


Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal. Yang perlu diingat adalah api kompor mesti sangat kecil. Ketika adonan akan dituang ke cetakan, pastikan cetakan dalam keadaan panas baru adonan dituang. Kemudian bolak balik cetakannya di atas kompor.

Bahan A:
3 kuning telur
4 butir telur
75 gram gula pasir
5 gram emulsifier
1 sdt vanilli bubuk

Bahan B:
50 gram tepung terigu protein sedang
50 gram almond bubuk
1 sdm tepung sagu kualitas baik

Bahan C:
60 gr mentega, leleh

Cara membuatnya:
- Kocok bahan A sampai kental. Masukkan bahan B, aduk rata.
- Tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
- Panaskan cetakan kue semprong/eggroll, buka, beri 1 sdm adonan ditengahnya, lalu segera tutup. Biarkan kurleb 3 s/d 5 menit hingga matang.
- Buka cetakan, gulung dengan bantuin sumpit.
- Biarkan dingin dan mengeras, lepaskan dari sumpit.
- Simpan dalam stoples kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar